Raffi Ahmad dan Sandiaga Uno Terpikat Kelezatan Papeda, Ini Kata Mereka

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 05 Okt 2021 17:30 WIB
Raffi Ahmad dan Sandiaga Uno Terpikat Kelezatan Papeda, Ini Kata Mereka Foto: Instagram/sandiuno
Jakarta -

Penyelenggaraan PON XX Papua berhasil mengangkat nama Papua. Raffi Ahmad bahkan sampai kecantol lezatnya papeda asal Papua yang diburu para penonton PON XX Papua.

Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional ke-20 di Papua berhasil mengangkat nama Papua, termasuk budaya kulinernya. Salah satunya adalah papeda yang mendadak populer dan laris diburu para penonton PON XX Papua.

Papeda merupakan hidangan khas Papua yang terbuat dari sagu yang dimasak dan dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat utama pengganti nasi. Dengan teksturnya yang lembut dan kental, papeda biasanya dinikmati bersama makanan berkuah seperti sup ikan dan lauk pelengkap lainnya.

Cara memakannya juga cukup unik. Menggunakan dua bilah bambu, papeda diambil dengan cara digulung-gulung di antara dua bambu baru kemudian dipindahkan ke dalam piring makan.

Baca juga: Apa Pempek Bisa Mendunia Seperti Rendang? Ini Kata Sandiaga Uno

Raffi Ahmad dan Sandiaga Uno Terpikat Kelezatan Papeda, Ini Kata MerekaRaffi Ahmad dan Sandiaga Uno Terpikat Kelezatan Papeda, Ini Kata Mereka Foto: Instgaram/raffinagita1717

Keseruan mencicipi papeda ini juga dirasakan oleh Raffi Ahmad. Melalui unggahan akun Instagram raffinagita1717 (5/10), Raffi Ahmad yang diundang untuk datang ke Papua ini berkesempatan mencicipi papeda bersama bupati Jayapura, Mathius Awoitauw.

"ini dia khasnya Jayapura. Papeda. Enak sekali papeda dicampur sama ikan. Terimakasih bapak Bupati," kata Raffi Ahmad dalam video unggahannya.

Rasa papeda yang tawar dengan tekstur kental mampu menyerap bumbu dari kuah sup ikan dengan sangat baik. Perpaduan rasa papeda dan sup kuah ikan tersebut yang kemudian membuat Raffi Ahmad kecantol dengan rasanya yang lezat.

Raffi Ahmad dan Sandiaga Uno Terpikat Kelezatan Papeda, Ini Kata MerekaRaffi Ahmad dan Sandiaga Uno Terpikat Kelezatan Papeda, Ini Kata Mereka Foto: Instagram/sandiuno

Bukan hanya Raffi Ahmad, ternyata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, juga doyan makan papeda. Pada kesempatannya mencicip papeda, Sandiaga Uno bahkan terlibat langsung dalam pengolahannya yang berasal dari sagu.

Tambahan kuah dan ikan goreng dirasakan begitu nikmat oleh Sandiaga Uno. Menteri Pariwisata dan EKonomi Kreatif RI ini juga mengatakan bahwa papeda menjadi makanan yang paling laris diburu oleh penonton PON XX Papua.

Hasil dari popularitas papeda yang meningkat ini ternyata mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Papua. Pelaksanaan PON XX di Papua membuat permintaan akan papeda semakin meningkat sehingga menimbulkan peluang usaha papeda yang tinggi bagi masyarakat asli Papua.

Baca juga: Raffi Ahmad Makan Steak Salt Bae Senilai Rp 150 Juta, Bisa Buat DP Mobil!



Simak Video "Menparekraf Sandiaga Cicipi Aneka Kuliner Khas Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com