Punya Gigi Mirip Gergaji, Ini Ikan Paling Berbahaya di Dunia

Devi Setya - detikFood Selasa, 05 Okt 2021 13:30 WIB
Punya Gigi Mirip Gergaji, Ini Ikan Paling Berbahaya di Dunia Foto: Odditty Central
Jakarta -

Needlefish atau ikan jarum disebut sebagai salah satu ikan paling berbahaya di dunia. Ikan ini memiliki mulut panjang dan gigi runcing mirip gergaji.

Beberapa jenis ikan predator memang memiliki tampilan yang menyeramkan. Ikan pemakan daging ini biasanya memiliki gigi runcing dan banyak. Seperti salah satunya ikan jarum yang merupakan salah satu ikan paling berbahaya di dunia.

Dilansir dari Oddity Central (4/10) banyak orang yang terluka setelah digigit oleh ikan ini. Bahkan saking runcing dan tajam gigi ikan ini bisa berpotensi menyebabkan kematian.

Ikan yang masuk sebagai anggota famili Belonidae ini merupakan spesies ikan pemakan daging. Mulutnya runcing mirip gergaji, dengan jajaran gigi tajam di seluruh mulutnya.

Punya Gigi Mirip Gergaji, Ini Ikan Paling Berbahaya di DuniaPunya Gigi Mirip Gergaji, Ini Ikan Paling Berbahaya di Dunia Foto: Odditty Central

Tapi sebenarnya bukan gigi tajam ini yang paling berbahaya tetapi bentuk mulut yang runcing dan kecepatan ikan saat menyerang. Ikan ini dapat berenang super cepat untuk menyerang mangsa.

Ikan ini dapat berenang dan melompat dengan kecepatan hingga 60km/jam. Tak jarang ikan ini berenang ke arah perahu untuk melompatinya. Jika tidak hati-hati maka nelayan bisa saja terluka saat mendapati ikan ini melompat.

Nelayan dan penyelam di daerah-daerah di seberang Samudra Pasifik pernah mengalami "serangan" dari kumpulan ikan jarum yang melompat ke arah sumber cahaya. Ketika "menusuk" korban, ikan jarum menyebabkan luka tusukan yang cukup dalam.

Meskipun tidak bisa disamakan dengan bahayanya serangan ikan hiu, tetapi ikan jarum tak kalah mematikan. Seorang anak di Indonesia dilaporkan pernah tertusuk ikan jarum pada bagian lehernya saat memancing.

Untungnya anak ini segera dibawa ke rumah sakit dan mendapat pertolongan. Lain lagi dengan kasus yang terjadi pada 2018 lalu, seorang tentara Angkatan Laut Thailand harus meregang nyawa setelah ia tertusuk ikan jarum.

Serangan ikan jarum yang tak kalah berbahaya pernah terjadi pada tahun 2014 ketika seorang turis Rusia di Vietnam hampir terbunuh oleh ikan jarum yang melompat keluar dari air, menggigit lehernya, dan meninggalkan potongan gigi tajamnya di dalam sumsum tulang belakang.

Dianjurkan bagi yang memancing di perairan yang dihuni oleh ikan jarum dan melihat sekelompok ikan ini berenang, sebaiknya meninggalkan area ini. Kita tidak pernah tahu kapan ikan ini menyerang dengan tombak di mulutnya.



Simak Video "Ikan Cakalang-Nila Woku khas Sulawesi Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com