Peternakan Ikan Ini Khusus Ternak Ikan Cupang Aduan yang Ganas

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 18 Apr 2021 11:00 WIB
Peternakan Ikan Ini Khusus Ternak Ikan Cupang Petarung yang Ganas Foto: France24/AFP/Truoie
Jakarta -

Sejak 20 tahun terakhir, peternakan ikan di Vietnam ini hanya beternak ikan cupang aduan atau petarung yang ganas. Dikenal juga dengan nama betta fish.

Jadi bisnis yang menguntungkan, ikan cupang kini menjadi ikan hias populer yang digemari banyak orang. Selain warnanya yang cantik, ikan cupang ini harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah per ekornya.

Baca Juga: Bikin Nyesek! Puluhan Ikan Cupang Ini Digoreng Krispi Buat Dimakan

Tapi berbeda dengan ribuan ikan cupang yang ada di peternakan ikan ini. Sejak 20 tahun yang lalu, peternak ikan cupang bernama Tran Ngoc Thang hanya membesarkan satu jenis ikan cupang saja.

Peternakan Ikan Ini Khusus Ternak Ikan Cupang Petarung yang GanasPeternakan Ikan Ini Khusus Ternak Ikan Cupang Petarung yang Ganas Foto: France24/AFP/Truoie

Dilansir dari France24 (16/04), peternakan ikan yang ada di kota Hanoi ini terkenal ikan cupang petarungnya. Jenis ikan cupang yang biasanya diadu ini, dikenal dengan nama Siamese Fighting Fish atau betta fish.

Cupang petarung sekilas tampak sama dengan cupang biasa. Hanya saja mereka harus dibesarkan sendiri, tidak bisa digabung.

Karena jenis ikan cupang yang satu ini lebih agresif dan ganas. Dulu ikan cupang petarung ini laris manis di arena perjudian. Orang-orang bertaruh ikan cupang mana yang akan memenangkan pertandingan adu cupang tersebut.

Peternakan Ikan Ini Khusus Ternak Ikan Cupang Petarung yang GanasPeternakan Ikan Ini Khusus Ternak Ikan Cupang Petarung yang Ganas Foto: France24/AFP/Truoie

Tapi kini orang-orang membeli ikan cupang petarung ini hanya untuk hiasan saja. Ada juga yang mulai mengkoleksi ikan cupang petarung ini.

"Saya sudah mempelajari karakter ikan cupang petarung ini. Saya tahu bahwa botol plastik bekas adalah tempat yang cocok untuk membesarkan mereka," jelas Thang yang memiliki ribuan botol plastik berisi cupang di peternakannya.

"Botol plastik ini akan saya potong bagian atasnya, sehingga lebih mudah untuk mengganti airnya," lanjut pria berusia 54 tahun tersebut.

Jika ikan cupang ini disatukan dalam tempat yang sama, maka mereka akan mulai bertarung dan salah satu akan mati atau terluka.

Peternakan Ikan Ini Khusus Ternak Ikan Cupang Petarung yang GanasPeternakan Ikan Ini Khusus Ternak Ikan Cupang Petarung yang Ganas Foto: France24/AFP/Truoie

Setiap tahunnya, Thang mampu menghasilkan 3.000-4.000 ekor ikan cupang petarung. Ia menjualnya dengan harga yang murah. Kisaran $5 (Rp 73.000) untuk harga yang paling mahal.

Kini banyak kolektor ikan cupang dan ikan hias yang langganan di Thang. Seperti Bui Doan Tung contohnya. Penggemar ikan hias ini sudah mengkoleksi berbagai jenis ikan cupang petarung. Dari jenis halfmoon, dumbo, fancy hingga koi selama empat tahun terakhir.

Tak hanya Thang yang sukses beternak ikan di Vietnam. Sebelumnya ada peternak ikan mas koki asal Vietnam, yang mampu menjual ikan peliharaannya seharga Rp 19 juta per ekor, karena wajah ikannya yang imut dan menggemaskan.

Baca Juga: Sultan! Ikan Mas Koki Asal Vietnam Harganya Rp 19 Juta Seekor



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Kue Kering Tanpa Oven"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com