Sultan! Ikan Mas Koki Asal Vietnam Harganya Rp 19 Juta Seekor

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 31 Mar 2021 18:30 WIB
Sultan! Ikan Mas Koki Asal Vietnam Harganya  Rp 19 Juta Seekor Foto: Yahoo news
Jakarta -

Tak hanya ikan arwana saja yang punya harga fantastis. Ikan mas koki asal Vietnam ini harganya mencapai Rp 19 juta per ekor, karena wajah imut mereka.

Bukan lagi menjadi makanan. Beberapa ikan sejak dulu dibesarkan untuk dijadikan ikan hias. Harganya juga berbeda jauh dengan kisaran ikan pada umumnya.

Baca Juga: Ini 5 Ikan Paling Mahal di Dunia yang Jadi Makanan Mewah

Selain ikan arwana yang tengah ngetren, ikan mas koki pun juga sedang naik daun. Terutama di Vietnam, di mana salah satu peternakan ikan mas koki di sana punya ikan-ikan yang unik.

Dilansir dari Yahoo News UK (31/03), salah peternakan ikan mas koki di Ho Chi Minh memiliki keuntungan hingga USD 86,000 (Rp 1,2 miliar) setiap tahunnya. Mereka fokus menjual ikan mas koki dengan wajah yang mirip seperti beruang.

Sultan! Ikan Mas Koki Asal Vietnam Harganya  Rp 19 Juta SeekorSultan! Ikan Mas Koki Asal Vietnam Harganya Rp 19 Juta Seekor Foto: Yahoo news

Disebut juga sebagai 'bear-faced'. Wajah ikan mas koki di peternakan milik Nguyen Huu Thang ini lebih imut dan menggemaskan. Nguyen mendapatkan bibit ikan unik ini dari Thailand.

"Banyak penggemar ikan hias yang masih pemula jatuh hati dengan wajah ikan-ikan ini. Karena ikan mas koki di sini bentuknya mirip seperti beruang, warnanya juga beragam," ungkap Nguyen.

"Saya selalu membersihkan filter air di setiap akuarium setiap dua minggu sekali. Ikan mas koki ini suka di suhu air yang tidak terlalu hangat, yaitu sekitar 24-27 derajat Celcius," lanjutnya.

Semakin imut wajah dari ikan mas koki ini, maka semakin mahal harga yang harus dibayarkan para penggemar ikan hias. Bahkan satu ekor ikan mas koki di sini harganya bisa mencapai USD 1,300 (Rp 19 juta) per ekor.

Sultan! Ikan Mas Koki Asal Vietnam Harganya  Rp 19 Juta SeekorSultan! Ikan Mas Koki Asal Vietnam Harganya Rp 19 Juta Seekor Foto: Yahoo news

Menu makanan yang diberikan Nguyen untuk ikan-ikan imut ini juga tidak sembarangan. Mirip seperti menu di restoran, pilihannya banyak.

"Setiap hari saya beri makan ikan mas koki ini sebanyak tiga kali. Pertama di pagi hari, mereka cuma makan cacing saja. Kemudian di siang hari mereka akan makan telur rebus. Lalu untuk makan malam mereka makan pakan ikan," sambungnya.

Nguyen tidak menyangka bahwa bisnis ikan mas koki ini bisa sangat menguntungkan. Awalnya ia hanya iseng membuat satu akuarium di atas rumahnya.

Sultan! Ikan Mas Koki Asal Vietnam Harganya  Rp 19 Juta SeekorSultan! Ikan Mas Koki Asal Vietnam Harganya Rp 19 Juta Seekor Foto: Yahoo news

Orangtuanya sempat tidak setuju dengan bisnis ikan ini. Tapi ketika mereka mengetahui penghasilan Nguyen, mereka langsung mendukung Nguyen untuk terus mengembangkan bisnisnya.

Selain ikan mas koki dan arwana yang memang terkenal mahal. Ada juga ikan langka asal Serawak, yang harganya setara dengan ponsel iPhone 12 Pro Max. Sekitar Rp 20 juta per ekornya.

Baca Juga: Wow! Harga Ikan Langka Ini Setara dengan iPhone 12 Pro Max!



Simak Video "Masak Masak: Sajian Ikan Kukus Segar dan Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com