Chef Akira Back Dulu Benci Masak, Tapi Kini Jadi Chef Resto Bintang Michelin

Devi Setya - detikFood Jumat, 01 Okt 2021 19:00 WIB
Chef Akira Back Foto: akira back
Jakarta -

Akira Back kini dikenal sebagai chef resto berbintang Michelin dan pemilik belasan restoran di beberapa negara. Tak banyak yang tahu kalau dulu ia justru benci memasak.

Akira Back yang punya nama asli Baek Seung-Woo adalah pria Korea Selatan yang kini dikenal sebagai chef profesional dengan prestasi bersinar. Ia menjadi salah satu chef dan pemilik restoran Michelin Star, sebuah anugerah skala dunia di bidang kuliner.


Dilansir dari Khaleej Times (1/10) Chef Akira Back mengaku tidak pernah menyangka dirinya bisa menjadi seorang chef profesional. "Saya tidak pernah memasak sepanjang hidup saya. Ibuku yang memasak, saya adalah anak yang sangat manja dan beruntung," katanya kepada City Times.

Meat Masterclass dengan AB Steak by Chef Akira BackChef Akira Back Dulu Benci Masak, Tapi Kini Jadi Chef Resto Bintang Michelin Foto: detikfood

Sebenarnya, Akira bukan hanya tidak bisa memasak tapi justru benci memasak. Pria kelahiran Korea Selatan yang pernah tinggal di Jepang, lalu kini menetap di Amerika ini mengawali karir di dunia kuliner dengan menjadi pegawai di restoran.

Dimulai dengan pertemuan Akira Back dengan pemilik resto di Amerika Serikat. Ia saat itu meminta bekerja di restoran ini karena ingin belajar mandiri.

"Ayah saya bekerja sangat keras untuk keluarga kami. Saya hanya tidak ingin membakar uang itu. Dan, ketika saya bekerja di sana selama tiga tahun, saya benar-benar membencinya," kata Akira.

Satu-satunya alasan Akira tidak menyerah adalah untuk membuktikan bahwa ia bisa menghasilkan uang dan bisa memiliki kemampuan memasak. "Saya melakukannya hanya karena semua orang mengatakan kepada saya bahwa saya tidak bisa memasak," katanya.

Akira Back juga mengatakan keluarga saat itu sama sekali tidak mendukung pekerjaannya di restoran.

"Ini adalah pencapaian yang sangat besar tentunya karena saya ingin mendapatkannya, saya ingin menunjukkan bahwa saya bisa memasak," kata Akira.

Selain jago memasak, Akira Back adalah seorang snowboarder profesional. Hobinya berseluncur di atas salju dimulai karena ia awalnya tidak pede bergaul dengan anak-anak sebayanya di Amerika Serikat.

Dengan jago bermain snowboarder, Akira berhasil bergaul dan berteman meskipun dengan keterbatasan bahasa Inggris yang ia kuasai. Hingga kini, snowboarder masih menjadi hobi yang dilakukan secara rutin.

akira backakira back Foto: Foto: Akira Back/Detikfood

Sekarang, Akira, tampil sebagai seorang chef profesional sekaligus pemilik dari 15 restoran yang tersebar di beberapa negara. Tahun 2024 bahkan Akira berencana membuka 12 restoran terbarunya. Beberapa cabang restorannya berada di Seoul, Toronto, Los Angeles dan Dubai.

Di Jakarta sendiri, Akira sempat membuka restoran di Gedung MD Place, Kuningan, Jakarta. Restoran ini menawarkan steak premium yang disajikan dengan beragam bahan lokal. Restoran ini sempat menjadi destinasi para penggemar steak. Namun sayangnya kini restoran sudah tutup permanen.

Pengalaman kulinernya selama 20 tahun, dipenuhi dengan banyak penghargaan. Menu makanan yang disajikannya memiliki paduan cita rasa Asia dan Amerika.

"Saya tidak menyesali bagian mana pun dari masa lalu. Saya percaya segala sesuatu yang baik atau buruk adalah pengalaman belajar dan telah membawa saya ke tempat saya hari ini," katanya.



Simak Video "Bikin Laper: Steak Enak dengan Harga di Bawah Rp 100 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com