Salut! Pengantar Makanan Ini Sukses Raih Gelar PhD dalam 4 Tahun

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 01 Okt 2021 19:30 WIB
Salut! Pengantar Makanan Ini Sukses Raih Gelar PhD dalam 4 Tahun Foto: Facebook Mohd Akmal Azhar
Jakarta -

Menamatkan pendidikan S3 bukanlah hal mudah, apalagi jika sambil melakukan pekerjaan lain. Namun pria ini berhasil meraih gelar PhD dalam 4 tahun sambil menjalani profesi pengantar makanan!

Mengutip Mothership SG (29/9), pengantar makanan di Malaysia bernama Mohd Akmal Azhar jadi sorotan usai menceritakan kisah hidupnya di grup Facebook, Foodpanda Rider Malaysia. Ia tampak memegang hasil karya tulis ilmiahnya sambil mengenakan seragam pink ikonik milik Foodpanda.

Pria 36 tahun ini rupanya sukses meraih gelar PhD di bidang teknologi farmasi, Universitas Malaysia Pahang. Mengenai disertasinya, Akmal memberi judul, "Pengembangan Produk dan Evaluasi Tablet Probiotik dari Ragi Saccahromyces Boulardhi yang Terisolasi Lokal untuk Toleransi Asam Lambung."

Salut! Pengantar Makanan Ini Sukses Raih Gelar PhD dalam 4 TahunSalut! Pengantar Makanan Ini Sukses Raih Gelar PhD dalam 4 Tahun Foto: Facebook Mohd Akmal Azhar

Akmal lantas mengucapkan terima kasih pada keluarga dan professor di kampusnya karena sudah mendukung perjalanan akademiknya selama 4 tahun. "Terlalu banyak duri dan ranjau yang perlu dilalui sepanjang 4 tahun ini. Sempat juga (istri saya) hamil dua kali. Alhamdulillah.. Terima kasih Allah," tulisnya.

Unggahannya yang inspiratif ini menuai lebih dari 6.000 likes dan dibagikan ulang lebih dari 900 kali. Akmal mengatakan pekerjaannya sebagai pengantar makanan memberikan banyak pelajaran berharga, termasuk soft skill berupa kemampuan berkomunikasi dan manajemen waktu.

"Saya bekerja sebagai pengantar makanan full-time sejak awal masa Movement Control Order (MCO). Pekerjaan ini memberikan saya banyak pelajaran di bidang soft skill, seperti kemampuan komunikasi, kesabaran, dan manajemen waktu," tuturnya.

Baca Juga: Diledek Sarjana Tukang Kerupuk, Wanita Ini Sukses Bisnis Kerupuk Lele

Salut! Pengantar Makanan Ini Sukses Raih Gelar PhD dalam 4 TahunSalut! Pengantar Makanan Ini Sukses Raih Gelar PhD dalam 4 Tahun Foto: Facebook Mohd Akmal Azhar

Akmal biasanya bekerja sebagai pengantar makanan di siang hari, lalu pada malam harinya menyelesaikan disertasi. Kemudian jika harus ada di kampus, maka dirinya 'bolos' dulu dari pengantar makanan.

Akmal juga mengakui kalau kehidupannya sebagai pengantar makanan, suami, ayah, dan mahasiswa PhD sangatlah menantang. "Tantangan utama yang saya hadapi adalah waktu dan energi saya," katanya.

Dirinya tak mungkin melepaskan pekerjaan sebagai pengantar makanan karena ini adalah profesi utamanya. Ia mendapatkan uang untuk keluarganya dari pekerjaan ini. Jadi penting baginya bisa membagi waktu dengan sangat baik antara pekerjaan dan pendidikan.

Atas pencapaiannya yang luar biasa, banyak netizen memuji usaha Akmal. Mereka mengucapkan selamat dan mengaku jadi terinspirasi dengan kisah hidup Akmal.

Salut! Pengantar Makanan Ini Sukses Raih Gelar PhD dalam 4 TahunSalut! Pengantar Makanan Ini Sukses Raih Gelar PhD dalam 4 Tahun Foto: Facebook Mohd Akmal Azhar

Sebelum kisah Akmal yang berhasil meraih PhD, Amirudin dari Karanganyar juga memiliki kisah yang sama menginspirasinya. Tukang sayur ini berhasil menyelesaikan pendidikan S1-nya sambil menjalani profesi tukang sayur keliling.

Amirudin kuliah di Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta. Ia berhasil lulus kuliah S1 dengan nilai yang cukup tinggi, yaitu IPK 3,36.

Ia tetap menjalani profesi tukang sayur demi mendapat biaya kuliah. Amirudin bahkan sudah jadi tukang sayur sejak 2009 setelah dirinya kembali merantau di Jakarta. Begini kisah lengkap kesukesan Amirudin.

Baca Juga: Keren! Penjual Sayur di Karanganyar Jadi Sarjana



Simak Video "Kreatif! Penjual di Boyolali Bikin Mie Ayam Warna Pelangi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com