Keren! Penjual Sayur di Karanganyar Jadi Sarjana

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 07 Mar 2020 16:00 WIB
jualan sayur Foto: Istimewa
Jakarta -

Demi menuntaskan kuliah S1-nya, pria dari Karanganyar ini berjualan sayur keliling untuk mengumpulkan biaya kuliah.

Jika ada pepatah yang mengatakan 'usaha tidak pernah mengkhianati hasil', sepertinya ini menggambarkan sosok pria asal Karangayar, Jawa Tengah, ini. Pasalnya, pria ini berhasil menuntaskan kuliah S1-nya dengan seluruh usaha dan kerja kerasnya.

Pria bernama Amirudin ini kuliah di Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta. Ia berhasil lulus kuliah S1-nya dengan nilai yang cukup tinggi, yaitu IPK 3,36.

Keren! Demi Tuntaskan Kuliah, Pria Ini Jual Sayur KelilingFoto: Istimewa

Biaya kuliahnya ia bayar dari hasil berjualan sayur keliling sehari-hari. Berjualan sayur ini ia lakukan sejak 2009 setelah kembali dari merantau di Jakarta. Sejak itu ia bertekad melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi, yaitu S1.

Baca Juga: Sedih! Remaja Pengidap Kanker Ini Jualan Kacang Goreng untuk Berobat

Berjualan sayur keliling ini ia lakukan karena Amirudin bukanlah sosok yang berasal dari keluarga berada. Jadi ia harus berjuang seorang diri untuk mewujudkan impiannya kuliah S1 tersebut.

Amirudin tidak mengambil kelas reguler, melainkan kelas sore. Jadi ia tetap bisa berjualan sayuran pada pagi harinya. Setiap hasil jualannya tersebut ia tabung untuk membayar biaya kuliah per semester.

Keren! Demi Tuntaskan Kuliah, Pria Ini Jual Sayur KelilingFoto: Istimewa

Masuk kuliah mulai pada 2014 dan selesai pada 2020, Amirudin berhasil mendapatkan gelar sarjana dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Saat hari kelulusan, Amirudin pergi ke kampusnya dengan motor untuk berjualan sayur keliling.

Ia pun mengendarai motor lengkap menggunakan pakaian wisuda. Aksinya membawa motor untuk berjualan sayur ini menarik perhatian setiap orang yang hadir pada hari wisuda tersebut. Ia pun viral di media sosial.

Baca Juga: Demi Biayai Sekolah, Anak-anak Ini Rela Jualan Basreng hingga Cilok



Simak Video "Bikin Laper: Review Jajanan UMKM Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)