Sebaiknya Jangan Menghangatkan Seduhan Kopi, Ini Sebabnya

Devi Setya - detikFood Rabu, 29 Sep 2021 05:00 WIB
Sebaiknya Jangan Menghangatkan Seduhan Kopi, Ini Sebabnya Foto: Getty Images/iStockphoto/monkeybusinessimages

4. Bolehkah minum kopi sisa?


Kopi yang sudah diseduh sebaiknya memang diminum langsung. Atau setidaknya kopi dihabiskan tidak lebih dari 12 jam. Kopi yang sudah didiamkan terlalu lama memang tidak basi tapi rasanya akan berubah drastis.

Dilansir dari Eat This, Not That (28/9) "Melihat (jumlah) mikrobanya, sisa kopi relatif aman untuk diminum," kata Bryan Quoc Le, PhD. "Kopi hitam adalah media yang relatif buruk untuk pertumbuhan mikroba karena tidak ada nutrisi yang tersedia seperti gula atau protein."

Sebaiknya Jangan Menghangatkan Seduhan Kopi, Ini SebabnyaSebaiknya Jangan Menghangatkan Seduhan Kopi, Ini Sebabnya Foto: Getty Images/iStockphoto/monkeybusinessimages

5. Simpan kopi dalam lemari es


Jika kamu punya stok kopi banyak dan tidak ingin menghabiskannya sekaligus maka cobalah simpan dalam wadah tertutup seperti botol. Simpan botol berisi kopi ini dalam lemari es. Kopi ini bisa bertahan hingga 4 hari.

Alternatif menikmati kopi dingin, kamu bisa mengolahnya menjadi americano ataupun es kopi susu. Rasanya tetap enak meskipun sensasinya berbeda dengan saat menikmati kopi hangat yang baru diseduh.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com