Keren! Es Cendol Buatan Adik Chef Arnold Bikin Juri MasterChef Australia Terpesona

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 28 Sep 2021 16:30 WIB
Keren! Es Cendol Buatan Adik Chef Arnold Bikin Juri MasterChef Australia Terpesona Foto: TikTok/MasterChefAU
Jakarta -

Beberapa hidangan Indonesia kerap tampil di ajang bergengsi internasional. Kali ini giliran es cendol yang penyajiannya dibuat 'naik kelas' oleh adik chef Arnold Poernomo di MasterChef Australia.

Kelezatan hidangan tradisional khas Indonesia ternyata sudah memiliki popularitas yang begitu tinggi. Banyak sekali orang luar negeri yang bahkan tersihir dengan kelezatan hidangan-hidangan Indonesia.

Pada beberapa acara bergengsi internasional, hidangan tradisional khas Indonesia terlihat tampil atau menjadi bahan tantangan yang diberikan. Salah satunya adalah pada kompetisi masak terkenal, MasterChef.

Di Turki, nasi goreng tradisional khas Indonesia bahkan pernah menjadi salah satu tantangan yang diberikan kepada peserta. Selain itu di Australia, kembang goyang bahkan membawa Linda, salah satu kontestannya, lolos ke babak selanjutnya.

Keren! Es Cendol Buatan Adik Chef Arnold Bikin Juri MasterChef Australia TerpesonaKeren! Es Cendol Buatan Adik Chef Arnold Bikin Juri MasterChef Australia Terpesona Foto: TikTok/MasterChefAU

Mengutip akun TikTok @MasterChefAU (27/9), ada sebuah hidangan yang menarik perhatian juri bahkan sejak hidangan tersebut baru selesai dibuat. Reynold Poernomo, adik dari chef Arnold Poernomo, merupakan salah satu kontestan yang terkenal dengan keahliannya dalam menyajikan hidangan-hidangan manis makanan penutup menjadi 'naik kelas'.

Baca juga: Kembang Goyang Dibikin Kontestan MasterChef Australia, Juri Terpukau!

Jika biasanya Reynold mengusung konsep makanan Western atau kebarat-baratan, kali ini Reynold sajikan es cendol khas Indonesia di MasterChef Australia musim 12. Namun, bukan Reynold namanya jika hidangan yang disajikan tidak berhasil memukau para juri.

Sebuah piring yang disajikan dengan bola cokelat berbentuk kelapa yang diletakkan Reynold di meja penilaian berhasil membingungkan juri. Bahkan Melissa Leong, salah satu jurinya, menunggu Reynold untuk menjelaskan makanan apa sebenarnya yang disajikan olehnya.

"Dasarnya, (menu) ini terinspirasi dari minuman dingin yang manis bernama cendol. Sesuatu yang aku sangat suka saat aku tumbuh dewasa," kata Reynold.

Diberi nama 'Bali Sunrise', hidangan ini benar-benar merepresentasikan momen-momen Reynold saat masih tinggal di Indonesia dan kebersamaannya bersama keluarganya. Cendol yang disajikan dalam bentuk kelapa ini juga diakui Reynold terinspirasi dari Bali yang identik dengan kelapa yang segar.

Keren! Es Cendol Buatan Adik Chef Arnold Bikin Juri MasterChef Australia TerpesonaKeren! Es Cendol Buatan Adik Chef Arnold Bikin Juri MasterChef Australia Terpesona Foto: TikTok/MasterChefAU

Lengkap dengan potongan buah nangka, mousse santan, dan berbagai pelengkap lainnya, cendol yang satu bikin pangling. Saat kelapa kecil yang berada di bagian tengah dibelah, ternyata muncul sebuah jelly hijau yang ternyata merupakan cendolnya itu sendiri.

Para juri terkagum-kagum dengan sajian buatan Reynold ini. Mulai dari penampilan hingga rasa yang disajikan dinilai begitu berbeda oleh para juri. Tiga orang juri yang menilai hidangan Reynold pada saat itu tidak berhenti memandangi dan memuji es cendol buatan Reynold.

Pada unggahan tersebut banyak sekali netizen Indonesia yang ikut terpesona akan sajian es cendol yang sangat mewah ini. Saat artikel ini dibuat (28/9) unggahan tersebut telah disaksikan lebih dari 366 ribu kali oleh netizen di TikTok.

"Es cendol abang-abang: 5K (Rp5 ribu). Es cendol chef Reynold: xxxxK," tulis akun @vewvet.

"Sejenak gw sampe lupa bentul cendol kayak gimana gara-gara lihat cendol yang ini," tulis akun @hungry_allthetime.

Baca juga: Lord Adi Ungkap Rahasia Resep Sop Tulang Leher Sapi, Apa Bumbunya?



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Es Cendol untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com