Lord Adi Ungkap Rahasia Resep Sop Tulang Leher Sapi, Apa Bumbunya?

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 16 Sep 2021 16:34 WIB
Rahasia Sop Tulang Leher Sapi ala Lord Adi Foto: YouTube Arnold Poernomo
Jakarta -

Lord Adi mengungkapkan rahasia dari resep sop tulang leher sapi yang berhasil membuat chef Juna kagum. Berikut cara membuat sop tulang leher sapi ala Lord Adi.

Lord Adi diketahui adalah sebutan untuk Suhaidi Jamaan, salah satu finalis MasterChef Indonesia Season 8 yang juga berhasil keluar sebagai juara 3 kontes memasak tersebut. Walaupun hanya mendapatkan juara ke-3, namun Lord Adi tak kalah populer dari juara MCI 8 lainnya.

Kepopulerannya ini ia dapatkan setelah berhasil menantang para juri soal waktu yang diberikan untuk memasak bubur. Sejak saat itulah, ia disebut oleh para penggemar MasterChef Indonesia sebagai Lord Adi.

Lord Adi banyak membuat masakan yang berhasil membuatnya memenangkan tantangan di MCI 8. Salah satunya sop tulang leher sapi pada tantang galeri ke-18. Saking lezatnya hidangan tersebut, chef Juna sampai kagum dan 'speechless'.

Baca Juga: iPhone 13 Kalah Mahalnya dengan 5 Bahan Makanan 'Sultan' Ini

Belum lama ini, Lord Adi tampil di channel YouTube milik chef Arnold Poernomo. Dalam videonya, ia membagikan rahasia dari resep sop tulang leher sapi buatannya.

Berikut rahasia resep sop tulang leher sapi ala Lord Adi MasterChef Indonesia.

1. Bumbu Sop Tulang Leher Sapi

Rahasia Sop Tulang Leher Sapi ala Lord AdiRahasia Sop Tulang Leher Sapi ala Lord Adi Foto: YouTube Arnold Poernomo

Sop tulang leher sapi buatan Lord Adi ini bukanlah sop berkuah kaldu bening, melainkan kuah keruh yang menggunakan banyak bumbu rempah. Dalam videonya bersama chef Arnold, ia mengungkapkan bumbunya.

Rempah yang digunakan untuk membuat sop tulang leher sapinya ini adalah jintan, ketumbar, kapulaga, dan bunga lawang. Empat jenis rempah ini dihaluskan hingga menjadi bubuk. Kemudian disangrai sampai harum.

Rahasia Sop Tulang Leher Sapi ala Lord AdiRahasia Sop Tulang Leher Sapi ala Lord Adi Foto: YouTube Arnold Poernomo

Sedangkan, untuk bumbu halusnya Lord Adi mengugnakan bawang putih tunggal, bawang merah, bawang bombai, cabai rawit, dan cabai merah. Bisa dihaluskan menggunakan ulekan atau blender.

Kemudian bumbu halus ini ditumis hingga harum dan layu. Masukkan juga rempah bubuk yang sudah disangrai sebelumnya.

Baca Juga: Sisca Kohl Bikin Jajanan Pasar Rp 16 Juta, Ada Lemper King Crab dan Kaviar

2. Tulang Leher Sapi

Rahasia Sop Tulang Leher Sapi ala Lord AdiRahasia Sop Tulang Leher Sapi ala Lord Adi Foto: YouTube Arnold Poernomo

Jika biasanya sop tulang sapi menggunakan bagian iga atau buntut, namun Lord Adi menggunakan tulang leher. Bagian tulang leher sapi ini juga masih memiliki banyak daging yang rasanya tak kalah enak.

Tulang leher sapi ini kemudian dimasukkan ke dalam bumbu yang telah ditumis. Lalu, tambahkan air secukupnya sampai matang.

Menurut Lord Adi, tulang leher sapi ini bisa diganti dengan tulang iga atau buntut. Bahkan, sop ini juga enak kalau dimasak dengan bagian daging sapi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sop Tulang Sapi, Sajian Tulang Kaki Sapi yang Bernutrisi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com