Huaah! Kepedasan? Coba Redakan Panas Sengatan Cabe dengan 5 Minuman Ini

Devi Setya - detikFood Senin, 27 Sep 2021 16:00 WIB
glass of milk and bottle of milk on the wood table. with copy space for text. Foto: Getty Images/iStockphoto/pong-photo9
Jakarta -

Jangan takut makan makanan pedas karena ada minuman yang ampuh menghilangkan rasa pedas di lidah. Mulai dari susu hingga minuman bersoda.

Makanan pedas memang terasa lebih nikmat dan menggugah selera. Tapi usai makan makanan pedas biasanya lidah terasa terbakar dan tak nyaman.

Solusinya adalah banyak minum agar lidah bisa terbilas secara maksimal. Tapi jangan asal minum karena ada minuman yang bisa meredakan rasa pedas namun ada juga yang justru mempertahankan rasa pedas di lidah.

Dr. Christopher T. Simons, seorang profesor ilmu sensorik di Ohio State University menjelaskan, "Rongga mulut tidak memiliki lapisan epidermis sehingga kita merasakan efek pedas di mulut dengan segera," kata Dr. Simons. "Senyawa itu mengaktifkan berbagai reseptor rasa sakit, reseptor sementara, yang biasanya responsif terhadap suhu."

Tubuh merasakan sakit saat mengonsumsi makanan pedas namun karena rasanya enak, banyak orang justru ketagihan. Makanan pedas tidaklah berbahaya asal dikonsumsi sesuai porsi.

Dilansir dari Eat This, Not That (25/9) berikut beberapa minuman yang bisa meredakan rasa pedas:

1. Susu


Susu sudah lama dijadikan 'obat' untuk mengatasi rasa pedas di lidah. Ketika lidah terasa terbakar karena makanan pedas, cobalah segera minum susu.

Tak butuh waktu lama, susu biasanya bisa meredakan efek pedas hanya dalam satu menit.

"Senyawa rasa pedas akan larut dalam lemak, jadi rasa pedas akan hilang," saran Dr. Simons. Lemak dalam susu membantu memberikan efek dingin dan menenangkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Pedas Nampol Hidangan Sode Udang Khas Kutai"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com