Alergi Dingin, Wanita Ini Bisa Meninggal Jika Makan Es Krim dan Minuman Dingin

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 26 Sep 2021 18:00 WIB
Alergi Dingin, Wanita Ini Bisa Meninggal Jika Makan Es Krim dan Minuman Dingin Foto: Mirror Uk
Jakarta -

Punya alergi mematikan yang sensitif terhadap suhu dingin. Wanita ini tak boleh menyantap makanan dingin, seperti es krim hingga makanan beku.

Wanita bernama Zuzanna Dmitruk mengidap alergi aneh yang dideritanya sejak usia 10 tahun. Ia harus merelakan banyak makanan kesukaannya yang memiliki suhu dingin atau beku. Alergi ini pertama kali dirasakannya ketika jari-jari tangannya mulai membengkak saat musim dingin.

Dilansir dari Mirror UK (20/09), kondisi kesehatannya ini semakin diperparah ketika ia beranjak dewasa. Wanita asal Inggris yang kini berusia 20 tahun, diketahui didiagnosa penyakit cold urticaria. Kondisi langka ini menyebabkan tangan dan bagian kulitnya membengkak, hingga ukurannya dua kali lipat.

Karena alerginya ini, ia harus mengenakan sarung tangan sampai pakaian hangat jika akan pergi keluar. Ia juga menghindari menyantap makanan dan minuman yang bersifat dingin.

Alergi Dingin, Wanita Ini Bisa Meninggal Jika Makan Es Krim dan Minuman DinginAlergi Dingin, Wanita Ini Bisa Meninggal Jika Makan Es Krim dan Minuman Dingin Foto: Mirror Uk

"Saya sekalu memesan minuman tanpa es batu jika sedang pergi keluar. Tapi para pelayan di sana berpikir saya ingin mendapatkan minuman dengan porsi lebih banyak," ungkapnya.

Baca Juga: Terpaksa Makan Ikan, Wanita Vegan Ini Nangis karena Merasa Bersalah

Zuzana membagikan kisah alerginya ini di TikTok, banyak orang yang tak percaya bahwa es krim dan minuman dingin bisa membunuhnya.

"Di kasus yang ekstrem, makanan dingin bisa saja menyebabkan saya kesulitan bernafas. Karena saat saya makan es krim contohnya, itu memicu tenggorokan saya jadi bengkak," lanjutnya.

Alergi Dingin, Wanita Ini Bisa Meninggal Jika Makan Es Krim dan Minuman DinginAlergi Dingin, Wanita Ini Bisa Meninggal Jika Makan Es Krim dan Minuman Dingin Foto: Mirror Uk

"Saya juga sudah terbiasa minum minuman alkohol tanpa es batu, begitu juga dengan minuman lainnya. Sementara untuk konsumsi seperti yogurt atau keju dari kulkas, saya akan menunggunya sampai suhu makanan tersebut sudah tidak dingin lagi," tutur Zuzana yang aktif masak semenjak mengalami alergi ini.

"Kebanyakan masakan yang saya buat adalah masakan hangat. Untuk sarapan saya biasa makan sereal dengan susu yang sudah dihangatkan," tuturnya.

Tentunya Zuzana tetap merasa cemas dengan kondisi alerginya ini meski sudah menyesuaikan pola makannya. Apalagi kondisinya semakin parah dari tahun ke tahun.

Bahkan ia tidak bisa berada di ruangan atau udara yang memiliki suhu sekitar 10C, karena tubuhnya akan mulai membengkak. Ia juga tidak bisa berenang atau mandi di air dingin.

"Reaksi yang paling terlihat adalah bagian jari-jari tangan saya. Selain membengkak rasa gatal dan sedikit sakit. Para dokter menyarankan agar saya tidak makan dan minum yang dingin. Karena efeknya bisa fatal hingga meninggal dunia," pungkas Zuzana.

Sebelumnya ada juga alergi aneh yang dialami seorang wanita bernama Kerry Cook. Ia alergi pada saus tomat yang membuat wajahnya menjadi bengkak.

Baca Juga: Miris! Wajah Wanita Ini Bengkak karena Saus Tomat pada Pizza



Simak Video "Bikin Laper: Cobain Rawon Malang Kesukaan SBY Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com