5 Cappuccino Instan Rp 2 Ribuan, Mana yang Rasanya Paling Mantap?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 26 Sep 2021 15:00 WIB
5 Cappuccino Instan Rp 2 Ribuan, Mana yang Rasanya Paling Mantap? Foto: detikfood
Jakarta -

Penikmat kopi mungkin tak asing dengan lima merek cappuccino instan ini. Harganya berkisar Rp 2 ribuan. Produk mana yang paling mantap rasanya?

Banyak masyarakat Indonesia yang merupakan penggemar berat kopi. Hal ini terlihat dari banyaknya produk kopi instan yang mudah ditemui di warung, minimarket, hingga supermarket.

Produk kopi instan ini juga sering disebut kopi sachet. Varian rasanya beragam dengan salah satu yang paling terkenal adalah cappuccino.

Cappuccino sendiri merujuk pada racikan kopi populer asal Italia. Cappuccino dibuat dari campuran espresso dan susu yang dipanaskan hingga berbusa. Umumnya perbandingan yang dipakai adalah 1/3 espresso, 1/3 susu dan 1/3 busa dari susu.

Perbandingan ini memungkinkan cappuccino masih memiliki rasa kopi yang kuat, namun tidak terlalu pahit karena memakai campuran susu. Cappuccino juga biasanya jadi menu minuman populer di coffee shop.

Untuk versi instannya sendiri, cappuccino sachet dibanderol Rp 2 ribuan saja. detikfood menemukan 5 merek cappuccino instan yang populer.

Kelimanya adalah Good Day Cappuccino (Rp 1.800), Fresco Cappuccino (Rp 1.800), Top Cappuccino (Rp 1.800), Torabika Cappuccino (Rp 1.800), dan Indocafe Cappuccino (Rp 2.500). Semua produk ini memiliki berat bersih 25 gram.

Lalu bagaimana ya rasa masing-masing cappuccino instan ini? Berikut ulasan detikfood:

1. Good Day Cappuccino

5 Cappuccino Instan Rp 2 Ribuan, Mana yang Rasanya Paling Mantap?5 Cappuccino Instan Rp 2 Ribuan, Mana yang Rasanya Paling Mantap? Foto: detikfood

Good Day Cappuccino merupakan produk kopi instan keluaran PT Santos Jaya Abadi. Diproduksi di Sidoarjo, Good Day menghadirkan 'Cocoa Granule' atau coklat granul sebagai topping kopi.

Kopi ini disarankan diseduh dengan 150 ml air panas bersuhu 80C. Komposisinya antara lain kopi instan (7,78%), gula, krimer nabati, dan kakao bubuk. Sementara coklat granul dibuat dari kakao bubuk dan gula kelapa. Cappuccino ini mengandung 110 kkal.

Terlihat cappuccino ini memiliki warna cokelat gelap. Busanya juga lumayan tebal. Saat disesap langsung terasa dominasi rasa manis. Menurut kami, rasa kopinya kurang terasa. Sementara bubuk coklat granulnya manis kuat.

2. Fresco Cappuccino

5 Cappuccino Instan Rp 2 Ribuan, Mana yang Rasanya Paling Mantap?5 Cappuccino Instan Rp 2 Ribuan, Mana yang Rasanya Paling Mantap? Foto: detikfood

Selain Good Day, PT Santos Jaya Abadi juga memproduksi Fresco Cappuccino. Minuman ini juga dilengkapi Crunchy Choco dan dibuat dengan komposisi yang hampir sama, namun ada satu yang beda yaitu perisa sintetik vanilla.

Saran penyeduhannya juga serupa dengan nilai kalori sama-sama 110 kkal. Bagaimana ya rasanya?

Ternyata meski dibuat oleh produsen yang sama, rasa Fresco sedikit berbeda dengan Good Day. Warna cokelat cappuccino instan ini lebih muda. Untuk busa, sama tebalnya, namun tekstur creamy-nya lebih enak dan rasanya lebih legit.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ngopi Cantik di Coffee Shop Besar nan Modern"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com