Cocok Buat Kaum Rebahan, Mirip Toaster, Alat Ini Bisa Hangatkan Makanan Instan

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 25 Sep 2021 06:30 WIB
Cocok Buat Kaum Rebahan, Mirip Toaster, Alat Ini Bisa Hangatkan Makanan Instan Foto: Retort-Tei
Jakarta -

Buat kaum rebahan yang malas menghangatkan makanan instan di kompor. Kini ada alat baru yang canggih, khusus dirancang untuk menghangatkan makanan instan.

Makanan instan, atau makanan siap saji yang dikemas dalam kemasan kedap udara atau divakum jadi pilihan yang dilirik banyak orang sejak pandemi.

Terutama ketika hampir semua restoran hingga kafe, mulai memasarkan menu-menu makanan mereka, menjadi makanan instan siap makan yang bisa dihangatkan di rumah. Saat orang-orang tidak bisa keluar rumah atau makan di restoran kala pandemi.

Baca Juga: Canggih! Mesin Kopi Ini Dioperasikan Pakai Tenaga Matahari


Tapi masih banyak juga orang-orang yang malas menghangatkan makanan-makanan ini di kompor, atau mengeluarkan makanan tersebut dari kemasannya untuk dihangatkan di microwave.

Cocok Buat Kaum Rebahan, Mirip Toaster, Alat Ini Bisa Hangatkan Makanan InstanCocok Buat Kaum Rebahan, Mirip Toaster, Alat Ini Bisa Hangatkan Makanan Instan Foto: Retort-Tei

Dilansir dari Trend Hunter (18/09), kini ada alat penghangat baru yang canggih di Jepang. Desainnya mirip dengan toaster, atau alat pemanggang roti.Alat ini bisa menghangatkan semua makanan instan yang masih berada di dalam kemasannya.

Alat penghangat ini dikenal dengan nama Retort-Tei, dibuat oleh perusahaan teknologi Apix Intl. Tentunya alat penghangat ini menyesuaikan dengan makanan kemasan yang banyak dijual di Jepang.

Hampir semua makanan instan atau makanan kemasan siap saji di Jepang, dikemas dalam 'retort pouch' yaitu kantung retortable dari laminasi plastik dan kertas metal yang tahan panas.

Di dalam kemasan ini produsen makanan instan di Jepang memasukkan makanan seperti kari, sup, pasta, aneka olahan daging, tumisan, sayuran dan masih banyak lagi.

Cocok Buat Kaum Rebahan, Mirip Toaster, Alat Ini Bisa Hangatkan Makanan InstanCocok Buat Kaum Rebahan, Mirip Toaster, Alat Ini Bisa Hangatkan Makanan Instan Foto: Retort-Tei

Banyak yang langsung menghangatkannya di kompor, atau mengukus kemasan retort touch ini serta merebus kemasannya sebelum isi makanan disajikan di atas piring. Tapi dengan kehadiran Retort-Tei ini, orang-orang yang malas beraktivitas meski hanya sekedar menghangatkan makanan saja, bisa menggunakan mesin ini dengan mudah.

Caranya mirip seperti penggunaan toaster, bedanya lembaran roti diganti dengan kemasan makanan instan yang dimasukkan ke dalam alat. Kemudian tinggal mengatur temperatur atau suhu panasnya sesuai selera. Ketika makanan selesai dihangatkan, mesin akan secara otomatis mengeluarkan kemasan tersebut dari dalam alat.

Makanan yang sudah hangat bisa langsung dituangkan ke atas piring dan dimakan. Kualitas rasa hingga tekstur makanannya tetap terjaga, meski hanya dihangatkan lewat alat kecil tersebut.

Selain itu durasi waktu menghangatkan makanannya juga jadi lebih cepat. Dibandingkan menghangatkan makanan di microwave. Semua jenis kemasan makanan dengan model retort pouches juga bisa dihangatkan di Retort-Tei.

Cocok Buat Kaum Rebahan, Mirip Toaster, Alat Ini Bisa Hangatkan Makanan InstanCocok Buat Kaum Rebahan, Mirip Toaster, Alat Ini Bisa Hangatkan Makanan Instan Foto: Retort-Tei

Sisi positifnya, selain lebih praktis, alat ini juga jauh lebih ramah lingkungan. Karena mengurangi penggunaan air atau plastik ketika makanan instan akan dihangatkan.

Perwakilan Apix Intl menyebutkan bahwa mereka berharap alat penghangat makanan ini bisa diterima banyak orang.

Mereka juga tidak menyangka bahwa mesin penghangat Retort-Tei ini mendapatkan banyak suntikan dana dari para investor yang rela mengeluarkan uang ratusan miliar rupiah, untuk mengembangkan produk penghangat makanan ini.

Meski belum dijual secara luas, tapi banyak orang-orang di Jepang yang sudah tertarik dan melirik mesin penghangat makanan ini. Untuk sekarang pihak Apix Intl masih terus mengembangkan dan menyempurnakan produk Retort-Tei.

Tapi mereka optimis bahwa Retort-Tei akan segera dilepas ke pasaran dan bisa dibeli oleh siapa saja, di bulan November atau awal Desember tahun ini.

Sampai sekarang detail kisaran harga dari mesin penghangat makanan instan ini memang belum tersedia. Tapi antusias warga Jepang cukup tinggi untuk mencoba mesin penghangat dengan teknologi terbaru ini.

Baca Juga: Canggih! Di Jepang Ada Mesin Otomatis yang Menyajikan Nasi



Simak Video "Bikin Laper: Kesegaran Sop Buah Duren Pak Ewok yang Terkenal Enak"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com