Ojingeochae, Cumi Kering Khas Korea yang Eksis di 'Hometown Cha Cha Cha'

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 22 Sep 2021 16:09 WIB
Ojingeochae yang populer di Gongjin, lokasi syuting drama Korea Hometown Cha Cha Cha Foto: dok. Hometown Cha Cha Cha
Jakarta -

Drama Korea 'Hometown Cha Cha Cha' sedang menjadi sorotan karena ceritanya yang menarik. Latar tempatnya berada di pesisir pantai dimana ojingeochae mudah ditemui di sana.

Penggemar drama Korea pasti sudah tak asing dengan drakor baru tvN berjudul 'Hometown Cha Cha Cha'. Drama bergenre komedi romantis ini diperankan oleh dua pemeran utama yaitu Kim Seon Ho dan Shin Min Ah.

Latar tempat pada drama tersebut berlokasi di Gongjin, Korea Selatan. Daerah tersebut merupakan pesisir pantai yang banyak menghasilkan cumi-cumi.

Pada episode pertama, Shin Min Ah yang berperan sebagai Yoon Hye Jin seorang dokter gigi ini memutuskan pindah dari Seoul ke Gongjin dan membuka klinik gigi di sana. Dalam drama tersebut, Yoon Hye Jin sempat kehabisan uang dan memilih profesi sebagai pekerja yang memilah cumi-cumi.

Ojingeochae yang populer di Gongjin, lokasi syuting drama Korea 'Hometown Cha Cha Cha'Ojingeochae yang populer di Gongjin, lokasi syuting drama Korea 'Hometown Cha Cha Cha' Foto: Twitter Tukata Mickie

Baca Juga: 7 Bahan Ini Bisa Bikin Mie Instan Rasanya Kekinian dan Mewah

Cumi-cumi yang dipilah tersebut nantinya akan dijual ke pengepul untuk diolah menjadi ojingeochae atau cumi kering. Hidangan ini sangatlah populer di Korea dan biasanya dijadikan camilan sambil nonton televisi atau saat sedang bersantai.

Ojingeochae yang populer di Gongjin, lokasi syuting drama Korea 'Hometown Cha Cha Cha'Ojingeochae yang populer di Gongjin, lokasi syuting drama Korea 'Hometown Cha Cha Cha' Foto: iStock

Ojingeochae sendiri ada yang ditawarkan dalam keadaan masih utuh, lengkap dengan badan dan bagian tentakel (kaki). Namun, ada juga yang bentuknya sudah berupa suwiran.

Dilansir dari Korean Herald (7/10/2016), ojingeochae atau cumi kering ini biasanya disajikan dengan bumbu yang terbuat dari campuran gula dan garam. Camilan ini enak dimakan langsung maupun dijadikan hidangan pelengkap (banchan) seperti ojingeo muchim.

Ojingeochae yang populer di Gongjin, lokasi syuting drama Korea 'Hometown Cha Cha Cha'Ojingeochae yang populer di Gongjin, lokasi syuting drama Korea 'Hometown Cha Cha Cha' Foto: iStock

Baca Juga: 7 Tanda Terlalu Banyak Minum Kopi, Sakit Kepala hingga Gelisah

Ojingeo muchim adalah olahan cumi kering yang dimasak dengan gochugaru, gochujang, sirup jagung, kecap asin, bawang putih cincang, minyak wijen, dan taburan biji wijen sangrai saat sudah matang. Rasanya agak pedas dan terasa gurih. Ojingeo muchim ini biasa disajikan sebagai pelengkap makanaan utama pada masakan Korea.

Ojingeochae atau cumi kering ternyata juga memiliki manfaat sehat. Dilansir dari Timotis (24/7), ojingeochae mengandung protein yang tinggi karena terbuat dari cumi-cumi. Makanan ini juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat melawan beragam penyakit.

Baca Juga: Kenalan Yuk! Ini Sabrina, Selebgram Manis Penjual Cendol di Kediri



Simak Video "KuTips: Resep Dalgona Candy ala Squid Game"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com