Murah Meriah Angkringan

5 Angkringan Legendaris di Solo, Ada yang Langganan Presiden Jokowi

Riska Fitria - detikFood Minggu, 19 Sep 2021 18:00 WIB
5 Angkringan Legendaris di Solo, Ada yang Langganan Presiden Jokowi Foto: detikcom
Jakarta -

Di kota kelahiran Presiden Jokowi, Solo terdapat banyak angkringan yang legendaris. Bahkan salah satunya adalah langganan Presiden Jokowi.

Angkringan memang lahir di Jawa Tengah, salah satunya di kota Solo. Maka tak heran ada banyak angkringan yang sudah beroperasi selama puluhan tahun di sana.

Bahkan ada angkringan yang dikenal sebagai angkringan tertua di Solo. Menu yang ditawarkan juga beragam, mulai dari nasi kucing, sate-satean, wedang jahe, wedang dongo dan wedangan lainnya.

Salah satu angkringan legendaris di Solo juga ada yang merupakan langganan Presiden Joko Widodo. Karenanya angkringan tersebut sering jadi destinasi wisata kuliner banyak orang.

Berikut 5 angkringan legendaris di Solo.

1. Wedangan Mbah Wiryo

5 Angkringan Legendaris di Solo, Ada yang Langganan Presiden Jokowi5 Angkringan Legendaris di Solo, Ada yang Langganan Presiden Jokowi Foto: detikcom

Wedangan MbahWiryo merupakan salah satuangkringan yang legendaris di Solo.Angkringannya sudah beroperasi sejak 1956. MbahWiryo atau MbahWir sendiri merupakan pemilikangkringannya.

Namun, angkringan tersebut telah diteruskan oleh keturunannya. Karena legendaris, maka tak heran angkringan ini memiliki banyak langganan dari berbagai kalangan usia.

Menu yang paling populer di angkringan ini adalah sate kikil, nasi bandeng, telur pindang, ketan, jadah dan aneka bacem. Sementara untuk minuman yang menjadi ciri khas adalah wedang jahe yang diracik dari jahe segar yang digeprek.

Wedangan Mbah Wiryo
Jl. Perintis Kemerdekaan No.23
Purwosari, Kec. Laweyan,
Jam buka: 04.00 - 23.55

Baca Juga: Sejak 1956 Wedang Jahe Pak Wiryo Kondang Karena Enak dan Mantap

2. Wedangan Pendopo

5 Angkringan Legendaris di Solo, Ada yang Langganan Presiden Jokowi5 Angkringan Legendaris di Solo, Ada yang Langganan Presiden Jokowi Foto: detikcom

Tak kalah populer juga adaangkringan yang dikenal bernamaWedangan Pendopo. Ternyata ini merupakanangkringan langganan PresidenJokoWidodo.Angkringan ini sangat unik.

Di dalamnya dihiasi dengan berbagai pernak-pernik klasik. Seperti sepeda ontel, radio lawas, hiasan kepala hijang ditambah dengan lampu kuning remang-remang, sehingga suasananya seperi jaman dulu.

Di dalam angkringannya juga terdapat bakulan untuk menjajakan aneka menu. Salah satu menu yang menjadi andalan di sini adalah nasi sayur ndeso dan sayur lombok ijo.

Wedangan Pendopo
Jl. Srigading I No.20
Mangkubumen, Kec. Banjarsari
Telepon: 0811-2564-868
Jam buka: 15.00 - 21.00

Baca Juga: Wedangan Pendopo Langganan Keluarga Jokowi dengan Konsep Klasik

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com