Wedangan Pendopo Langganan Keluarga Jokowi dengan Konsep Klasik

Bayu Ardi Isnanto - detikFood Minggu, 24 Nov 2019 17:00 WIB
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
FOKUS BERITA Minuman Hangat Enak
Solo - Wedangan atau yang disebut hik sudah naik kelas dekade terakhir ini. Tak melulu di pinggir jalan, wedangan kini menempati bangunan dengan konsep menarik.

Seperti Wedangan Pendopo langganan keluarga Presiden Joko Widodo di Solo. Pemiliknya yakni pasangan Totok Supriyanto dan Ustiani. Mereka membuat warung wedangan dengan konsep klasik.

Masuk ke dalam wedangan, pengunjung disuguhi pernak-pernik klasik, seperti sepeda ontel dan hiasan kepala kijang, radio lawas hingga iklan-iklan jadul. Lampu kuning remang-remang menambah suasana wedangan semakin syahdu.



Wedangan Pendopo Langganan Keluarga Jokowi dengan Konsep KlasikFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom


Seluruh makanan khas wedangan disajikan pada angkringan. Pengunjung bisa langsung mengambil makanan sendiri, ada tempe, tahu, satai, jadah dan berbagai lauk.

"Dulu wedangan kan dijajakan berkeliling pakai angkringan. Di sini kita hadirkan kembali dengan konsep berbeda," kata Ustiani kepada detikcom.

Tempat duduk pengunjung pun didesain ala rumah-rumah Jawa kuno. Sebagian dibuat bilik-bilik kecil dari kayu. Ada pula kursi panjang, dipan kayu, hingga loteng yang dibuat dari kayu.
Wedangan Pendopo Langganan Keluarga Jokowi dengan Konsep KlasikFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Menurut Ustiani, konsep ini dipilih karena hobinya dengan Totok yang senang mengumpulkan barang-barang kuno. Pada 2011, mereka mendirikan Wedangan Pendopo dengan bermodalkan sebuah bangunan kecil.

Lama kelamaan, mereka memperluas tempat usahanya hingga memiliki dua pintu masuk. "Bisa masuk lewat Jalan Srigading I ataupun Srigading II, Mangkubumen, Banjarsari, Solo," ujarnya.

Wedangan Pendopo termasuk pionir dari wedangan kelas atas. Kisaran tahun itu, beberapa wedangan berkonsep serupa bermunculan, seperti konsep kafe dan lainnya.

Wedangan Pendopo Langganan Keluarga Jokowi dengan Konsep KlasikFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom


Makanan yang disajikan di Wedangan Pendopo tak jauh berbeda dengan wedangan lain. Namun Usti memiliki menu spesial, yakni nasi sayur ndeso atau sayur lombok ijo.

"Yang paling dicari jangan ndeso atau sayur lombok ijo, lalu ada jahe rempah. Hampir semua masakan kita masak sendiri," kata dia.

Meski lokasinya tak begitu strategis karena herus masuk ke dalam gang, Wedangan Pendopo ternyata menjadi rujukan wisatawan. Tak terkecuali para pejabat yang sedang berada di Solo.

Salah satu daya tariknya ialah karena Wedangan Pendopo sejak lama menjadi tempat langganan keluarga Presiden Jokowi. Usti pun memajang beberapa foto saat Jokowi ataupun Iriana singgah di wedangannya.

Wedangan Pendopo Langganan Keluarga Jokowi dengan Konsep KlasikFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
"Kebetulan saya kan teman Bu Iriana di SMAN 3 Surakarta. Sampai sekarang ibu masih sering ke sini. Kalau Pak Jokowi sejak wali kota sampai Gubernur DKI pernah ke sini. Tapi pas presiden belum (ke sini)," ujar dia.

Anak-anak Jokowi, baik Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, ataupun Kaesang Pangarep pun pernah ke Wedangan Pendopo. Beberapa menteri Jokowi juga pernah berkunjung, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Kalau makanan favorit Bu Iriana itu ya bacem, wedang tape, es tape. Kalau Pak Jokowi tidak mesti," katanya.

Wedangan Pendopo yang berlokasi di Jl. Srigading I no.7 Mangkubumen ini buka pukul 18.00 - 24.00 WIB. Harga makanan dan minuman cukup terjangkau. Segelas teh hangat dihargai Rp 3 ribu, jahe rempah Rp 5 ribu, nasi sayur Rp 5 ribu dan camilan gorengan mulai Rp 3 ribu.


Simak Video "Rekomendasi Kuliner Solo Jagoan Presiden Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/odi)
FOKUS BERITA Minuman Hangat Enak