Murah Meriah Angkringan

Keren! Kisah 4 Anak Muda Belia yang Sukses Buka Angkringan Perdapa

Devi Setya - detikFood Minggu, 19 Sep 2021 12:00 WIB
Jakarta -

Anak-anak muda ini patut menjadi contoh. Mereka memilih membuka bisnis angkringan. Kini usaha mereka menjadi kegiatan yang menghasilkan uang.

Gerobak angkringan lengkap dengan jajaran lauk dan nasi kucing tersaji hangat di pinggir jalan Abdullah Syafei, Manggarai Tebet, Jakarta Selatan. Angkringan ini juga punya area makan lesehan. Tidak besar tapi bersih dan nyaman.

Tak banyak yang tahu kalau angkringan ini dikelola oleh anak-anak muda. Bahkan salah satunya ada yang masih berkuliah.

Adalah Rian, Dita, Nadia dan Fadel, empat remaja di Tebet, Jakarta Selatan yang memilih membuka bisnis kuliner di usia muda. Meskipun dikelola secara autodidak, tapi angkringan ini tak beda dengan angkringan lain yang dikelola secara serius.

Keren! Kisah 4 Anak Muda Belia yang Sukses Buka Angkringan PerdapaKeren! Kisah 4 Anak Muda Belia yang Sukses Buka Angkringan Perdapa Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Kepada detikcom (15/9) Rian, remaja 18 tahun ini menceritakan awal mula berbisnis angkringan bersama kerabatnya ini.

"Awalnya lagi nongkrong abis main bola. Ngobrol kenapa kita nggak bikin angkringan? Kan bisa jadi tempat nongkrong tapi juga menghasilkan. Akhirnya berempat kita buka. Tadinya bareng teman namanya Mahendra, dia masih kuliah, sekarang dia lagi magang jadi nggak gabung lagi," kata Rian.

Angkringan yang buka awal Januari 2021 ini benar-benar dijalankan secara autodidak. Mulai dari memasak, menyiapkan menu hingga mengelola keuangan dilakukan sambil terus belajar.

Saat awal menjalani bisnis ini, semua menu makanan yang disajikan di angkringan ini diperoleh dengan cara membeli dari orang lain. Tapi lama kelamaan, mereka mampu untuk masak sendiri.

"Saya yang masak, belajar dari YouTube. Nanti cowok-cowok yang bantu nusukin sate. Bareng-bareng aja kita" kata Dita.

Setiap harinya anak-anak muda ini menyiapkan menu angkringan mulai pukul 14.00. Angkringan Perdapa ini buka setiap hari pukul 19.00 WIB.

Nama Perdapa ini diambil karena di dekat angkringan ada taman bernama Perdapa. Supaya mudah dikenali dan diingat oleh pelanggan.

Untuk menunya, di angkringan ini ada nasi kucing, gorengan, aneka sate yang jumlahnya mencapai 15 jenis serta minuman ala angkringan seperti aneka wedang. Setiap hari ratusan tusuk sate laris terjual.

Keren! Kisah 4 Anak Muda Belia yang Sukses Buka Angkringan PerdapaKeren! Kisah 4 Anak Muda Belia yang Sukses Buka Angkringan Perdapa Foto: detikFood/Devi S. Lestari


Omzetnya tak main-main, setiap harinya mereka bisa mengantongi hingga Rp 1 juta. Omzet ini kemudian diputar lagi untuk modal hari berikutnya.

"Daripada nongkrong nggak jelas, mending usaha aja. Kan menghasilkan. Buat anak muda lain, jangan takut buat usaha dan jangan patah semangat," pungkas Rian.

Meskipun terbilang baru, angkringan Perdapa ini terbilang eksis. Beberapa youtuber pernah mampir ke angkringan ini. Selebgram hingga seleb TikTok pun pernah merasakan enaknya menu angkringan murah meriah ini.

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com