ADVERTISEMENT

iPhone 13 Kalah Mahalnya dengan 5 Bahan Makanan 'Sultan' Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 16 Sep 2021 13:30 WIB
iPhone 13 Kalah Mahalnya dengan 5 Bahan Makanan Sultan Ini
Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario
Jakarta -

Harga iPhone 13 di Amerika Serikat (AS) diperkirakan mulai dari Rp 9,9 juta. Namun harga ini jauh kalah mahal dengan 5 bahan makanan mewah berikut. Apa saja ya?

iPhone 13 resmi dirilis Apple (15/9) dan langsung mencuri perhatian pencinta gawai. Harganya di AS diperkirakan mulai dari Rp 9,9 juta untuk iPhone 13 Mini 128 GB.

Harga lebih mahal melekat pada produk di atasnya seperti iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max. Di AS, harga termahalnya diperkirakan sampai Rp 22,8 juta, belum termasuk pajak.

Baca Juga: Ada iPhone 13, Harga iPhone 12 dan iPhone 11 Turun

Kehadiran iPhone 13 tentu saja menarik minat para pencinta Apple. Apalagi berbagai keunggulan baru ada di iPhone 13, salah satunya daya tahan baterai yang lebih lama.

Meski harga iPhone 13 sudah mahal, nyatanya harga ini kalah jauh mahalnya dengan bahan-bahan makanan mewah di dunia. Harganya bikin melongo dan sudah pasti hanya dinikmati kalangan 'sultan'!

Berikut 5 bahan makanan 'sultan' yang harganya jauh lebih mahal dari iPhone 13, seperti dikutip dari Luxury Columnist:

1. Bluefin tuna

iPhone 13 Kalah Mahalnya dengan 5 Bahan Makanan 'Sultan' IniiPhone 13 Kalah Mahalnya dengan 5 Bahan Makanan 'Sultan' Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario

Bluefin tuna bukanlah tuna biasa. Ikan tuna spesial ini dibanderol sangat mahal yaitu USD 5000 atau sekitar Rp 71 juta per 0.45 kg! Pada Januari 2020, bluefin tuna seberat 272 kg bahkan terjual USD 1,8 juta (Rp 25,6 miliar) di Tokyo.

Harga bluefin tuna yang mahal disebabkan oleh populasi ikan ini yang langka dan terancam punah. Hal ini lantaran kegiatan penangkapan ikan yang berlebihan. Sebut saja Southern bluefin tuna dan Atlantic bluefin tuna yang kian langka.

Mengenai rasa, bluefin tuna konon memiliki tekstur berdaging dan rasa lembut yang puaskan selera. Biasanya diolah jadi sashimi atau tuna steak.

2. Caviar Strottarga Bianco

Bahan makanan selanjutnya yang lebih mahal dari iPhone 13 adalah caviar. Telur ikan sturgeon ini masih dipanen satu per satu dengan tangan.

Untuk jenisnya, caviar Osetra dan Beluga dari laut Kaspia menjadi yang paling mahal. Lalu ada caviar Golden Almas dari Iran yang juga terkenal sangat mahal. Tapi ternyata di atas itu semua, ada caviar termahal di dunia bernama Strottarga Bianco.

Caviar ini disajikan dengan emas 22 karat dan berasal dari ikan Siberian Albino Sturgeon. Satu sendok teh caviar ini dibanderol USD 37.000 atau sekitar Rp 526 juta!

Baca Juga: Caviar Termahal di Dunia Ini Dijual Rp 571 Juta per Kg, Apa Istimewanya?

3. Wagyu Matsusaka

iPhone 13 Kalah Mahalnya dengan 5 Bahan Makanan 'Sultan' IniiPhone 13 Kalah Mahalnya dengan 5 Bahan Makanan 'Sultan' Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario

Wagyu adalah daging sapi Jepang yang terkenal lembut dan juicy. Di sana ada beberapa jenis wagyu, namun yang paling mahal berasal dari prefektur Matsusaka.

Wagyu Matsusaka berasal dari sapi betina saja karena dagingnya dianggap lebih berlemak dan enak. Tahun 2002, harga sapi Matsusaka mencapai 50 juta yen atau sekitar Rp 5,6 miliar!

Dalam pemeliharaannya, sapi untuk menghasilkan wagyu Matsusaka mendapat perlakuan istimewa. Mulai dari dipijat, diberi pakan jagung dan kedelai, hingga diberi minum bir. Tak heran kalau banyak pemilik restoran wagyu di Jepang berani bayar mahal untuk wagyu Matsusaka.

4. Jamur white truffle

Daftar bahan makanan termahal di dunia rasanya belum lengkap tanpa menyebutkan jamur white truffle. Harga jamur ini jauh lebih mahal dari iPhone 13 karena dibanderol sampai USD 6.000-10.000 (Rp 85 juta hingga 142 juta) per 0.45 kg.

White truffle umumnya ditemukan di wilayah Piedmont dan Tuscany, Italia. Guna memanen jamur ini diperlukan bantuan anjing 'profesional' yang terlatih untuk mengenali aroma white truffle karena jamur ini tumbuh di bawah tanah.

Para chef sangat senang memanfaatkan white truffle karena aroma dan rasanya yang khas dan lezat. Jamur ini bisa diparut dan dipadukan dengan omelet atau dijadikan salad dressing.

5. Semangka Densuke

iPhone 13 Kalah Mahalnya dengan 5 Bahan Makanan 'Sultan' IniiPhone 13 Kalah Mahalnya dengan 5 Bahan Makanan 'Sultan' Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario

Di Jepang, banyak buah dijual sangat mahal karena kualitasnya yang tinggi. Salah satunya berasal dari pulau Hokkaido, semangka Densuke.

Menanam semangka ini tak bisa sembarangan karena butuh ruang dan perawatan khusus. Dalam sebuah lelang, semangka Densuke pernah terjual sampai USD 6.000 (Rp 85,3 juta).

Apa ya istimewanya semangka Densuke sampai harganya lebih mahal dari iPhone 13? Ternyata ukuran semangka ini lebih besar dan memiliki tingkat kemanisan yang lebih kuat. Warna daging buahnya merah dengan tekstur renyah dan sedikit biji.



Simak Video "Mengintip Kebolehan Kamera iPhone 13 Pro dan Pro Max"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT