Murah Meriah Angkringan

Nongkrong di Angkringan, Ini 5 Minuman Wajib Untuk Hangatkan Badan

Devi Setya - detikFood Rabu, 15 Sep 2021 19:30 WIB
Hot ginger lemongrass tea on wooden background Foto: Getty Images/iStockphoto/AmalliaEka
Jakarta -

Nongkrong di angkringan terasa kurang lengkap tanpa minuman hangat pelepas dahaga. Ada susu jahe hingga kopi joss yang wajib dicoba.


Selain menu makanannya yang menggoda selera, pilihan menu minuman di angkringan pun tak kalah nikmat. Biasanya minuman ini disajikan hangat karena angkringan identik buka saat malam hari. Selain pelepas dahaga, minuman ini juga menghangatkan tubuh dan memberi khasiat.

Bagi kamu yang sering nongkrong di angkringan tentu sudah hafal dengan deretan menu minuman khasnya. Ada wedang jahe, susu jahe hingga wedang uwuh. Tapi beberapa angkringan legendaris di Jogja juga terkenal dengan sajian kopi joss yang khas.

Istimewanya lagi, semua minuman di angkringan umumnya dibuat dengan rempah asli, jadi tak mengandalkan minuman sachet siap seduh. Tak heran kalau rasa dan aromanya lebih kuat.

Berikut beberapa minuman khas di angkringan:

1. Wedang jahe


Wedang jahe jadi minuman basic di angkringan. Menu ini terbilang sebagai varian wedang paling sederhana. Wedang jahe kerap disajikan dengan tambahan gula merah untuk membuat rasanya lebih nikmat.

Para penjual angkringan tradisional biasanya menaruh wedang jahe di teko ceret dan terus dipanaskan di atas kompor. Ketika ada pemesan, tinggal tuang. Karena dipanaskan terus menerus, tak heran kalau suguhan wedang jahe di angkringan punya suhu panas maksimal.

Selain itu, jahe yang dipanaskan terus menerus ini juga semakin mengeluarkan aroma dan sarinya. Karena minuman ini tersaji panas, biasanya orang akan ngobrol sambil menunggu wedang jahe hangat dan bisa diseruput. Wedang jahe di angkringan tidaklah mahal, harganya kisaran Rp 3 ribu hingga 5 ribu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mengintip Warung Angkringan Milik Dimas Seto"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com