Unik! Keripik Kentang Ini Memadukan Rasa Kopi dan Steak dalam Satu Gigitan

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 15 Sep 2021 11:00 WIB
Unik! Keripik Kentang Ini Memadukan Rasa Kopi dan Steak dalam Satu Gigitan Foto: Japan Today
Jakarta -

Steak dan kopi terdengar cukup lezat untuk banyak orang. Tetapi bagaimana jika keduanya digabungkan untuk menjadi rasa sebuah produk keripik kentang?

Keripik kentang identik dengan rasa gurih dan renyahnya yang tidak ada lawan. Saat waktu luang, bosan, atau menunggu waktu makan, keripik kentang selalu banyak dipilih oleh orang-orang untuk dikonsumsi.

Biasanya keripik kentang cenderung disajikan dengan rasa-rasa seperti rumput laut, pedas, keju dan berbagai rasa lainnya. Sekantong keripik kentang akan memiliki satu rasa yang sama untuk semua keripik kentang yang ada di dalamnya.

Tetapi sebuah produsen keripik kentang asal Jepang berhasil menciptakan terobosan baru. Penggabungan dua rasa makanan dan minuman ini berhasil diciptakan, bahkan membuat keripik kentang mereka laku di pasaran.

Unik! Keripik Kentang Ini Memadukan Rasa Kopi dan Steak dalam Satu GigitanUnik! Keripik Kentang Ini Memadukan Rasa Kopi dan Steak dalam Satu Gigitan Foto: Japan Today

Mengutip Japan Today (12/9), produsen keripik kentang asal Jepang bernama Yamayoshi Seika telah mengembangkan rasa keripik kentang yang unik dan baru. Rasa keripik kentang tersebut merupakan perpaduan dari rasa steak dan kopi yang bisa dinikmati secara bersamaan dalam satu gigitan.

Uniknya, keripik kentang ini menjanjikan perpaduan rasa yang seimbang dari dua rasa dengan karakteristik yang sangat berbeda. Pada bagian depan kemasannya juga digambarkan grafik pentagon yang menjelaskan bagaimana rasa-rasa tertentu bisa keluar saat dinikmati.

Baca juga: 4 Keripik Kentang Rasa Rumput Laut, Mana yang Paling Kriuk Enak?

Diberi nama 'Sciences of Deliciousness', keripik kentang ini berhasil dikembangkan setelah produsen menganalisa sensor indera perasa pada manusia. Jika dilihat sekilas, sebenarnya keripik-keripik ini tidak memiliki bentuk yang cukup berbeda.

Hanya saja terlihat seperti serbuk berwarna hitam yang dicurigai merupakan taburan bumbu perisa kopi yang digunakan. Saat kemasan dibuka, keripik kentang ini sama sekali tidak memberikan aroma kopi maupun aroma-aroma yang berbeda dengan keripik kentang pada umumnya.

Namun ketika dicicipi bisa dirasakan ada rasa kaldu sapi yang begitu kuat. Bahkan tim dari Japan Today yang berkesempatan untuk merasakan keripik kentang ini juga mengajak beberapa orang keluarganya tanpa memberitahu rasa apa yang dimiliki oleh keripik kentang tersebut.

Unik! Keripik Kentang Ini Memadukan Rasa Kopi dan Steak dalam Satu GigitanUnik! Keripik Kentang Ini Memadukan Rasa Kopi dan Steak dalam Satu Gigitan Foto: Japan Today

Semua respon yang mereka dapati dari orang-orang yang terlibat mencicipinya mengatakan bahwa keripik kentang memiliki rasa kaldu daging sapi. Tetapi ada rasa unik yang kemudian muncul setelah memakan beberapa potong keripik kentang.

Rasa pahit yang mengejutkan tiba-tiba terasa pada lidah setelah cukup banyak mengonsumsi keripik kentang tersebut. Walaupun pahit tetapi rasa tersebut justru membuat ketagihan untuk terus menghabiskan keripik kentang yang unik ini.

Jika disimpulkan, keripik kentang ini cenderung lebih memberikan rasa daging steak di awal dengan rasa kopi yang tertinggal di mulut ketika keripik kentang selesai dikunyah. Rasanya cukup unik karena ada rasa agak asam, pahit, umami serta asin pada setiap gigitannya.

Unik! Keripik Kentang Ini Memadukan Rasa Kopi dan Steak dalam Satu GigitanUnik! Keripik Kentang Ini Memadukan Rasa Kopi dan Steak dalam Satu Gigitan Foto: Japan Today

Pada bagian depan kemasan tertulis:

"Kamu menimbang kompatibilitas rasa biasa pada steak dan kopi, bukan pada produk ini"

Artinya keripik kentang ini bukan sebuah keripik yang menggunakan campuran bumbu biasa untuk menyajikan rasa steak dan kopi buatan. Produsen keripik kentang ini cenderung menggunakan penelitian ilmiah untuk menghadirkan sensasi kelezatan yang sama seperti saat mengonsumsi steak dan kopi namun dalam bentuk keripik kentang.

Keripik yang berhasil memainkan indera perasa manusia ini telah dijual secara resmi dengan harga yang dibanderol sekitar Rp16 ribu per kemasannya. Sementara produk tersebut hanya dijual pada minimarket 7-eleven Jepang dengan persediaan terbatas.

Baca juga: Unik! Buku Azab Kubur Jadi Inspirasi Kemasan Keripik



Simak Video "Chicken Steak Pak Madi, Santapan Para Pejabat Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com