Rahasia Bikin Es Milo Enak dari Penjual Milo Ais Malaysia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 15 Sep 2021 15:30 WIB
Rahasia Bikin Es Milo Enak dari Penjual Milo Ais Malaysia Foto: TikTok nurulsajidah
Jakarta -

Di Malaysia, Milo diolah jadi Milo ais atau es Milo yang terkenal manis. Seorang penjual es Milo di sana membagikan rahasia bikin es susu cokelat yang legit creamy ini.

Milo adalah minuman cokelat dan malt produksi Nestle yang mendunia. Di Asia, Milo bahkan banyak dikonsumsi sebagai susu cokelat sehari-hari hingga kombinasi bahan minuman kekinian lainnya.

Salah satu negara yang warganya sangat menggemari Milo adalah Malaysia. Di sana ada kreasi minuman populer yaitu Milo ais. Minuman yang tak ubahnya es Milo ini bisa dengan mudah dinikmati di kedai-kedai makan.

Sepintas membuat es Milo sangat mudah karena tinggal mencampur bubuk Milo, air hangat, dan susu kental manis. Namun seorang penjual Milo ais yang sudah berpengalaman 20 tahun memberikan tipsnya.

Ternyata butuh komposisi yang tepat untuk menciptakan minuman Milo ais yang legit creamy dan manisnya pas. Melansir akun TikTok nurulsajidah melalui Says (10/9/21), ia membeberkan rahasianya.

Rahasia Bikin Es Milo Enak dari Penjual Milo Ais MalaysiaRahasia Bikin Es Milo Enak dari Penjual Milo Ais Malaysia Foto: TikTok nurulsajidah

Pertama, siapkan gelas. Kemudian masukkan dua sendok makan susu kental manis. Seduh dengan secangkir kecil air panas. Aduk hingga rata menggunakan sendok.

Tuang campuran ini ke dalam gelas tinggi yang sudah diisi es batu hingga penuh. Selanjutnya, di gelas bekas meracik susu kental manis tadi, masukkan dua sendok makan bubuk Milo yang tingginya menggunung.

Seduh lagi dengan secangkir kecil air panas. Aduk hingga semua tercampur rata. Kemudian langkah terakhir, masukkan Milo ke dalam gelas berisi es batu dan susu kental manis.

Baca Juga: YouTuber Jepang Ini Cicip Milo dari 4 Negara Termasuk Indonesia, Ini Komentarnya

Es Milo pun siap dinikmati. Cita rasanya dijamin mirip dengan Milo ais yang ada di kedai-kedai makanan dan minuman di Malaysia.

Melihat kolom komentar, banyak netizen Indonesia ternyata malah membahas beda Milo Malaysia dan Indonesia. Mereka berpendapat kalau ada perbedaan rasa di antara keduanya.

Rahasia Bikin Es Milo Enak dari Penjual Milo Ais MalaysiaRahasia Bikin Es Milo Enak dari Penjual Milo Ais Malaysia Foto: TikTok nurulsajidah

Milo Malaysia disebut-sebut lebih manis dan rasa cokelatnya lebih kuat. "Bener guys Milo Malaysia lebih kayak pekat. Rasanya enak banget, aku sudah coba enak," kata seorang netizen.

Namun sayangnya di Malaysia juga ada kedai-kedai nakal yang menggunakan Milo palsu. Mereka lantas menjual minuman Milo dengan harga biasa.

Pemakaian Milo atau Nescafe palsu ini membuat cita rasa minuman kurang enak. Selain itu, tindakan ini adalah bentuk kecurangan.

Dikutip dari World of Buzz (6/11/20), Kementerian Perdagangan Dalam Negeri dan Urusan Konsumen Malaysia telah mendapat banyak keluhan dari pelanggan soal Milo palsu ini. Pihaknya pun sempat menggalakkan razia.

Baca Juga: Malaysia Mulai Serius Razia Milo dan Nescafe Palsu di Tempat Makan



Simak Video "Olahraga Dimana Pun Kini Bisa Bersama Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com