Mantan Pilot Ini Sukses Jualan Durian Kupas, Laku 300 Kg Per Hari

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 14 Sep 2021 15:35 WIB
Mantan Pilot di Singapura Jualan Durian Kupas Foto: 8days.sg
Jakarta -

Pilot memang salah satu profesi yang diinginkan banyak orang. Namun, pilot asal Singapura ini memilih berhenti dan kini malah sukses jualan durian kupas.

Banyak orang menginginkan profesi yang bagus dalam pekerjaan. Namun, tampaknya banyak juga orang yang merasa tak puas dengan profesi keren yang sudah dijalani.

Seperti seorang mantan pilot asal Singapura yang kini lebih memilih jualan durian kupas. Keputusannya berhenti dari pekerjaan ternyata membuahkan kesuksesan. Dilansir dari 8days.sg (20/7) adalah Johnny Tan, seorang mantan pilot dari sebuah maskapai China.

Johnny Tan yang kini berusia 48 tahun menjual durian kupas via online bersama beberapa rekan sesama pilot dari berbagai maskapai penerbangan. Durian kupas itu ia tawarkan lewat Instagram bernama @durianpilots.

Keputusan Johnny menjual durian ini karena diberhentikan tanpa bayaran. Ia memiliki ide menjual durian kupas ini setelah mendapat kenalan pemasok buah di Malaysia, walaupun kini pasokan durian yang ia jual berasal dari tempat lain.

Baca Juga: Pilot Ini dengan Bangga Pakai Seragamnya Untuk Jualan Rujak

Mantan Pilot di Singapura Jualan Durian KupasMantan Pilot di Singapura Jualan Durian Kupas Foto: 8days.sg

Modal awal Johnny memulai usaha durian kupas ini sebesar S$500 (sekitar Rp 5,3 juta). Modal itu ia gunakan untuk membeli durian dan peralatan sederhana seperti timbangan dan pisau. Hal ini ia pelajari dari penjual durian yang mengajarinya cara memilih dan membuka kulit durian.

Alasannya memilih durian untuk dijual karena buah ini banyak digemari. Jenis durian yang ia tawarkan adalah Mao Shan Wang atau biasa dikenal dengan sebutan Musang King. Ada juga durian Pahang XO.

"Covid atau tidak, orang masih makan durian," kata Johnny.

Johnny tak langsung memasarkan durian kupasnya itu via Instagram, melainkan lewat beberapa rekan di kontak WhatsApp miliknya. "Pertama kali aku memasarkannya lewat pesan ke lebih 100 teman di WhatsApp. Awalnya juga aku ragu untuk mengirim pesan tersebut," cerita Johnny Tan.

Mantan Pilot di Singapura Jualan Durian KupasMantan Pilot di Singapura Jualan Durian Kupas Foto: 8days.sg

"Banyak orang yang membalasnya dengan 'Hah? Kamu sekarang jualan durian?'" lanjutnya.

Baca Juga: Mencicipi Sayap Panggang Pedas Manis Buatan Pilot Tampan yang Lagi Viral!

Walaupun respon awal yang ia dapatkan tak begitu baik, namun kini usahanya telah berkembang. Banyak dukungan juga yang mengalir kepadannya hingga durian kupas jualan itu bisa terjual sampai 300 kilogram dalam sehari.

Cara Johnny Tan menawarkan durian kupas yang legit manis ini juga cukup unik. Ia biasa mengirimkan beberapa pesan dengan gaya seperti pilot dalam penerbangan.

"Ibu-ibu dan bapak-baoak, ini kapten sedang berbicara, jangan lupa kirimkan pesanan Anda untuk dessert nanti malam," tulisnya." Dalam pesan yang lain ia menuliskan pesan: " Menu pesawat sudah tersedia, silakan kontak kami untuk pilihan menu Anda."

Mantan Pilot di Singapura Jualan Durian KupasMantan Pilot di Singapura Jualan Durian Kupas Foto: 8days.sg

Tak hanya gaya memasarkannya saja, menunya juga menggunakan istilah penerbangan. Yaitu paket durian Economy Class yang dibanderol harga S$114 (sekitar Rp 1,1 juta) berisikan 2 bungkus durian Musang King ukuran 500 gram dan sebungkus durian Pahang XO ukuran 500 gram.

Ada juga bundel Bisnis Class dengan harga S$224 (sekitar Rp 2,3 juta) berisikan 4 bungkus Musang King dan 2 bungkus Pahang XO. Ada menu durian a la carte, untuk Musang King ditawarkan dengan harga S$44 (sekitar Rp 466.835) per 500 gram, sedangkan untuk Pahang XO dibanderol S$42 (Rp 445.615).

Baca Juga: Orang Malaysia Ini Kaget Saat Pertama Kali Makan Nasi Padang di Indonesia



Simak Video "Sensasi Mencicipi Soto Kembang Durian di Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com