Murah Meriah Angkringan

5 Angkringan Legendaris di Yogyakarta Ini Punya Nasi Kucing dan Kopi Jos

Riska Fitria - detikFood Selasa, 14 Sep 2021 18:30 WIB
5 Angkringan Legendaris di Yogyakarta Ini Punya Nasi Kucing dan Kopi Jos Foto: Instagram @kuatjajan
Jakarta -

Sebagai kota lahirnya angkringan, Yogyakarta memiliki beberapa gerai angkringan legendaris. Selain menawarkan nasi kucing juga ada menu kopi jos yang unik.

Angkringan merupakan gerobak tempat menaruh dagangan makanan dan minuman. Angkringan memang identik dengan makanan rakyat yang murah meriah. Menu-menu yang ditawarkan sangat sederhana.

Meski begitu angkringan di Yogyakarta selalu tak pernah sepi. Bahkan beberapa diantaranya selalu menjadi destinasi wisata kuliner bagi para turis baik lokal maupun mancanegara.

Berikut 5 angkringan legendaris di Yogyakarta:

1. Angkringan Lek Man

5 Angkringan Legendaris di Yogyakarta Ini Punya Nasi Kucing dan Kopi Jos5 Angkringan Legendaris di Yogyakarta Ini Punya Nasi Kucing dan Kopi Jos Foto: Instagram @angkringanlekman_

Angkringan Lek Man merupakan salah satu yang legendaris, karena angkringan ini merupakan Angkringan yang pertama di Yogyakarta. Angkringan tersebut sudah ada sejak tahun 1950-an.

Lokasinya tak jauh dari stasiun Tugu. Salah satu menu favorit di angkringan ini adalah kopi josnya. Kopi tersebut terbilang unik karena diberikan arang panas. Namun, selain kopi jos juga ada aneka makanan.

Mulai dari nasi kucing, gorengan, sate-satean, jadah, dan lainnya. Saking populernya Angkringan Lek Man ini selalu menjadi destinasi bagi para turis.

Angkringan Lek Man
Jl. Ps. Kembang, Sosromenduran
Yogyakarta
Jam buka: 16.00 - 02.00

Baca Juga: 5 Angkringan Enak di Jakarta, Puas Makan Nasi Kucing hingga Aneka Sate

2. Angkringan Pak Jabrik

5 Angkringan Legendaris di Yogyakarta Ini Punya Nasi Kucing dan Kopi Jos5 Angkringan Legendaris di Yogyakarta Ini Punya Nasi Kucing dan Kopi Jos Foto: Instagram @kuatjajan

Tak jauh dari Tugu Yogyakarta, kamu juga akan menemukan angkringan legendaris. Angkringan tersebut bernama Angkringan Pak Jabrik yang dulunya dikenal dengan sebutan Angkringan KR.

Angkringannya memang sederhana, tetapi angkringan ini tak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Bakan Angkringan Pak Jabrik ini sering jadi tempat nongkrong dari komunitas tertentu.

Menu yang tersedia di sini juga sangat beragam. Tentunya ada nasi kucing yang disajikan dengan sambal teri. Selain itu juga ada lauknya berupa tempe oseng ati hingga oseng jamur.

Angkringan Pak Jabrik
Jl. Margo Utomo (dulu Jalan P. Mangkubumi) No. 40-46 Yogyakarta
Jam Buka: 17.00 - 03.00

3. Angkringan Wijilan

5 Angkringan Legendaris di Yogyakarta Ini Punya Nasi Kucing dan Kopi Jos5 Angkringan Legendaris di Yogyakarta Ini Punya Nasi Kucing dan Kopi Jos Foto: Instagram @jogjakarya.id


Tak kalah populer juga ada Angkringan Wijilan atau yang juga dikenal dengan sebutan Angkringan Kang Harjo. Angkringan ini dikenal dengan pilihan menu yang sangat beragam.

Ada sekitar 24 jenis sayur yang tersedia di sana. MUlai dari sayur lodeh, oseng tempe, oseng kacang panjang dan lainnya. Sementara untuk lauk-pauknya tersedia dalam 50 pilihan.

Mulai dari sate usus, sate jamur, sate keong, tahu bacem, ayam goreng, tempura sosis, nugget dan lainnya. Kalau ke sini jangan lupa juga cicip jahe gepuk gula batu yang menghangatkan.

Angkringan Wijilan
Jl. Wijilan, Panembahan
Jam buka: 17.00 - 02.00
Telepon: 0817-9446-247

4. Angkringan Pak Jack

5 Angkringan Legendaris di Yogyakarta Ini Punya Nasi Kucing dan Kopi Jos5 Angkringan Legendaris di Yogyakarta Ini Punya Nasi Kucing dan Kopi Jos Foto: Instagram Angkringan Pak Jack

Angkringan yang satu ini dikenal jadi tempat nongkrong favorit kebanyakan anak muda di Yogyakarta. Namanya adalah Angkringan Pak Jack yang lokasinya berada di dekat Jembatan Gondolayu.

Karena lokasinya yang strategis itulah yang membuat angkringan ini tak pernah sepi. Selain itu, juga karena nasi kucingnya. Nasi kucing di sini bisa disantap dengan sate-satean dan gorengan.

Aneka gorengan tersebut hanya dibanderol Rp 1.000 per buahnya. Jangan lupa juga pesan kopi jos di sini, karena juga tak kalah enak dari yang lain.

Angkringan Pak Jack
Dusun Sukoharjo RT 7 RW 5 Krangganharjo Toroh
Jam buka: 12.00 - 00.00
Telepon: 0856-2725-901

5. Angkringan Bonbin

5 Angkringan Legendaris di Yogyakarta Ini Punya Nasi Kucing dan Kopi Jos5 Angkringan Legendaris di Yogyakarta Ini Punya Nasi Kucing dan Kopi Jos Foto: Visitung Jogja


Kalau ke Yogyakarta juga belum lengkap rasanya tanpa mampir ke Angkringan Bonbin. Dinamakan bonbin atau kepanjangan dari kebun binatang karena memang lokasinya berdekatan dengan Kebun fauna Gembira Loka.

Angkringan ini dikenal dengan nasi kucingnya yang selalu disajikan hangat-hangat. Itu karena nasi kucingnya selalu diperbarui setiap jamnya selama angkringan buka.

Namun keseringan ketika nasi kucingnya diantar pasti langsung ludes diserbu pembeli. Sebagai lauk tambahan bisa juga pesan sate-satean, tempe, tahu, tahu bacem, bakwan dan lainnya.

Angkringan Bonbin
Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun

Baca Juga: Penjual Angkringan Ganteng dan Kece Ini Bikin Pembeli Salah Fokus



Simak Video "Mengintip Warung Angkringan Milik Dimas Seto"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com