5 Tips Menghindari Makanan dan Minuman Haram

ADVERTISEMENT

5 Tips Menghindari Makanan dan Minuman Haram

Devi Setya - detikFood
Selasa, 14 Sep 2021 14:30 WIB
Ecological pigs and piglets at the domestic farm, Pigs at factory
Foto: Getty Images/iStockphoto/didesign021

2. Kenali kode makanan non-halal

Beberapa makanan non halal seperti babi dan anjing memiliki kode dan sebutan khusus. Sebagai muslim harus paham atau minimal tahu kode untuk makanan haram ini.

Biasanya daging anjing disebut B1 dan daging babi disebut B2. Ada juga sebutan lain di beberapa daerah misalnya istilah bipang untuk babi panggang atau sengsu alias tongseng asu atau anjing.

Kenali juga istilah olahan daging babi asal China seperti charsiu atau lapchiong. Hal ini berlaku juga ketika hendak makan di beberapa daerah dengan minoritas muslim atau saat sedang berada di luar negeri.

sertifikat halal5 Tips Menghindari Makanan dan Minuman Haram Foto: GettyImages/TheMalayMailOnline

3. Pastikan sertifikasi halal

Jika mau lebih teliti lagi, pastikan rumah makan sudah mendapatkan sertifikasi halal dengan memperhatikan ada logo Halal. Biasanya restoran yang sudah tersertifikasi halal akan memajang logo atau sertifikat halal di area restoran.

Demikian juga dengan produk kemasan. Cari logo halal agar makanan dan minuman dijamin kehalalannya. Tidak hanya logo asal Indonesia yakni Halal MUI, beberapa lembaga sertifikasi halal dari beberapa negara juga bisa dijadikan pedoman. Terutama untuk produk makanan impor.



Simak Video "UGM Kembangkan 'Lidah Pendeteksi' Makanan Minuman Halal"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT