Berita Terpopuler

Makanan dan Minuman Haram dalam Islam hingga 'Culture Shock' Makanan Daerah

Tim detikFood - detikFood Senin, 13 Sep 2021 09:30 WIB
4 Makanan dan Minuman Ini Diharamkan dalam Islam, Ada Alasan Ilmiahnya Foto: iStock
Jakarta -

Dalam ajaran Islam ada sebagian makanan dan minuman yang haram untuk dikonsumsi Muslim. Beberapa makanan di daerah menjadi 'culture shock' dan Korean BBQ murah di Depok.

Aturan mengonsumsi makanan dan minuman haram atau halal berlaku bagi umat Muslim. Ada beberapa makanan dan minuman yang telah diketahui haram, seperti bangkai, daging babi, darah, hingga minuman beralkohol. Beberapa makanan dan minuman haram tersebut juga telah dijelaskan dalam dalil.

Ternyata culture shock atau perbedaan budaya juga terjadi pada makanan daerah di Indonesia. Banyak netizen mengaku terkejut dengan makanan lokal yang ditemui di berbagai daerah. Seperti pengalaman netizen makanan kepiting besar di Biak, makan camilan berbahan dasar tanah liat, hingga makan pisang goreng dicocol sambal.

Kawasan Depok dikenal sebagai surganya kuliner murah. Tak heran kalau di kota ini juga ada tempat makan Korean BBQ murah meriah yang harganya Rp 99.000 untuk 4 orang. Satu paket makanannya berisikan 4 porsi daging, selada, saus, dan 4 mangkuk nasi.

Berikut berita-berita terpopuler detikFood yang menarik perhatian pembaca, kemarin (12/9).

1. Makanan dan Minuman Haram dalam Islam

4 Makanan dan Minuman Ini Diharamkan dalam Islam, Ada Alasan Ilmiahnya4 Makanan dan Minuman Ini Diharamkan dalam Islam, Ada Alasan Ilmiahnya Foto: iStock

Ajaran Islam memiliki aturan tentang makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh umatnya. Ada yang halal maupun haram untuk dikonsumsi. Umat Muslim tentunya harus menghindari makanan dan minuman yang haram tersebut.

Seperti daging babi, bangkai, darah, hewan yang tidak disembelih dengan menyebut nama Allah, hingga minuman beralkohol. Semua makanan dan minuman yang haram dikonsumsi ini sudah dijelaskan keharamannya dalam dalil Al-Quran maupun hadist.

Ada juga hewan pemakan kotoran atau disebut dengan jallallah yang haram dikonsumsi oleh umat Muslim. Aturan ini dijelaskan dalam sebuah hadits, "Rasulullah SAW melarang daging dan susu dari jallallah." (HR Ibnu Majah)

Baca Juga: 7 Makanan dan Minuman Haram dalam Islam, Begini Dalilnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Warung Indomie Kekinian, Bisa Pilih Topping Sendiri!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com