ADVERTISEMENT

8 Tips Memilih dan Membersihkan Bahan Makanan untuk Cegah Covid-19

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 14 Sep 2021 08:00 WIB
8 Tips Memilih dan Membersihkan Bahan Makanan untuk Cegah Covid-19
Foto: iStock

6. Gunakan Produk Pembersih Alami

Robert mengatakan bahwa cuka merupakan cairan terbaik untuk membersihkan bahan makanan secara alami. Banyak sekali resep campuran untuk cairan pembersih yang dibuat secara alami yang direkomendasikan oleh Robert untuk membersihkan bahan makanan jauh lebih bersih daripada hanya dengan air.

Menambahkan sedikit cairan cuka dikatakan akan membantu untuk membersihkan sayur-sayuran dan buah-buahan agar lebih bersih dibandingkan hanya sekadar air mengalir. Cara ini bahkan diakui dapat mencegah pertumbuhan jamur pada saat bahan makanan tersebut disimpan.

7. Jangan Sembarangan Mengupas Bagian Kulit

8 Tips Memilih dan Membersihkan Bahan Makanan untuk Cegah Covid-198 Tips Memilih dan Membersihkan Bahan Makanan untuk Cegah Covid-19 Foto: iStock

Banyak yang percaya bahwa mengupas bagian kulit pada bahan makanan akan membuatnya bersih saat disimpan. Faktanya tidak semua bahan makanan bisa dikupas dan dibiarkan dalam waktu yang lama dengan kondisi kesegaran yang sama.

Misalnya pada kentang, kamu justru akan mendapatkan kentang yang menghitam jika menyimpannya setelah dikupas kulitnya. Mengupas kulit
pada buah-buahan dan sayur-sayuran juga dikatakan cenderung meningkatkan perpindahan risiko kuman, bakteri dan virus sehingga akan lebih mudah mengontaminasi bahan makanan.

8. Masak Bahan Makanan

Selain dicuci bersih dengan larutan pembersih maupun digosok, mengolah makanan sebelum disimpan menjadi salah satu cara untuk mematikan patogen agar tidak mengkontaminasi makanan. Sayangnya cara ini tidak bisa dilakukan pada berbagai bahan makanan dan hanya direkomendasikan pada beberapa makanan saja.

Makanan-makanan yang disimpan dengan cara dimasak terlebih dahulu sebenarnya juga tidak bisa disimpan untuk jangka waktu yang lama. Walaupun menyarankan cara yang satu ini tetapi Robert menekankan bahwa menyimpan bahan makanan dalam keadaan mentah dan sudah benar-benar bersih tetap menjadi cara terbaik untuk menyimpan makanan.

Baca juga: 15 Tips Memasak agar Hasilnya Maksimal Tanpa Merusak Makanan


(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT