15 Tips Memasak agar Hasilnya Maksimal Tanpa Merusak Makanan

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 15 Jan 2021 15:00 WIB
Sick woman blowing her nose, she covered with blanket Foto: iStock
Jakarta -

Sekilas memasak terlihat gampang, tetapi sebenarnya butuh trik supaya hasilnya maksimal. Berikut 15 tips memasak yang perlu kamu tahu.

Memasak memang terlihat sederhana dan siapa pun bisa melakukannya. Tetapi, ternyata untuk menghasilkan makanan yang lezatnya sempurna dibutuhkan beberapa trik dan pengetahuan untuk mengolah makanan secara tepat.

Setiap orang sangat wajar jika melakukan kesalahan saat memasak. Untuk kamu yang baru ingin belajar masak atau yang sudah berpengalaman memasak sekalipun, perhatikan kembali cara memasak yang biasanya kamu lakukan.

Mungkin saja, beberapa kesalahan saat memasak kamu lakukan tanpa disadari. Fatalnya, beberapa kesalahan memasak bisa merusak kualitas bahan makanan.

Berikut ini 15 tips memasak agar hasilnya maksimal tanpa merusak makanan, menurut Reader's Digest (8/1):

1. Tidak Menambahkan Terlalu Banyak Garam

Makan Buah dengan Taburan Garam Ternyata Lebih Sehat15 Tips Memasak agar Hasilnya Maksimal Tanpa Merusak Makanan Foto: Getty Images/iStockphoto/Ekaterina-84

Terlalu banyak mengasup garam tidak akan baik untuk tubuh. Kamu akan lebih banyak minum saat makananmu terlalu asin.

Taburkan secukupnya garam pada bahan makananmu. Pastikan jumlahnya sudah cukup dan tidak berlebihan.

2. Mengayak Tepung

Mengayak tepung akan membantu memisahkan partikel tepung. Membuat partikelnya juga menjadi halus.

Tepung yang tidak diayak akan menghasilkan adonan yang menggumpal. Ini akan merusak rasa makanan saat masuk ke mulut.

3. Menggunakan Secukupnya Air Saat Memasak Nasi

Pastikan saat memasak nasi, menggunakan air yang cukup. Artinya tidak terlalu sedikit ataupun banyak. Gunakan perbandingan yang tepat antara jumlah beras dan air.

Kelebihan air akan membuat beras menjadi sangat lembek. Kecuali jika kamu ingin membuat bubur. Rasio beras dan air sejumlah 1:2 untuk memasak nasi bisa dijadikan patokan.

4. Mengaduk Dengan Baik

Jika kamu tidak mengaduk masakan dengan baik, masakan akan matang dengan tidak merata. Mengaduk menjadi kunci menghasilkan masakan dengan matang dan rasa yang merata.

Selain itu , tidak mengaduk makanan akan membuat makanan di bagian bawah menjadi gosong. Makanan yang ada di bagian atas juga akan menjadi kekurangan panas sehingga lebih lama matang.

5. Tidak Memasak Sayuran Terlalu Lama

Sayuran yang terlalu matang akan kehilangan sebagian kandungan vitaminnya. Sayuran yang terlalu matang juga akan lebih kering dan lembek.

Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini. Rendam sayuran pada air es kemudian hangatkan kembali secara perlahan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Tumis Kikil Sambal Bajak Petai"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com