ADVERTISEMENT

Diplomasi Lewat Makanan Sudah Dilakukan Indonesia Sejak Abad 10

Riska Fitria - detikFood
Senin, 13 Sep 2021 13:00 WIB
Diplomasi Lewat Makanan Sudah Dilakukan Indoensia Sejak Abad 10
Foto: iStock

3. Kuliner di Masa Hindu-Budha

Ada yang unik dari kuliner di masa Hindu-Budha, yakni hewan yang dikebiri. Dr. Titi Surti Nastiti mengatakan bahwa hewan yang dikebiri itu juga jadi makanan khusus untuk raja.

Bahkan tidak ada yang boleh makan kecuali dari kalangan bangsawan. Beberapa kuliner dari hewan yang dikebiri itu ada wedhus gunting (kambing), asu tugel (anjing) dan karung pulih (babi).

"Mungkin hewan yang dikebiri itu dagingnya lebih enak pas dimasak daripada hewan yang gak dikebiri," tutur Dr. Titi Surti Nastiti.

4. Gastrodiplomasi yang Dilakukan Indonesia

Diplomasi Lewat Makanan Sudah Dilakukan Indoensia Sejak Abad 10Diplomasi Lewat Makanan Sudah Dilakukan Indoensia Sejak Abad 10 Foto: iStock

Kini, Indonesia sudah melakukan banyak upaya, salah satunya di Bratislava, Slovakia dengan mengenalkan tempe. Saat itu ada acara bertajuk "Indonesian Cuisine Cooking Class 2021: Taste of Indonesia".

Dalam acara tersebut Chef Yusuf menjamu dan demo masak olahan santapan nusantara seperti tempe. Ternyata banyak warga Slovakia yang sudah mengonsumsi tempe dengan mentah tanpa memahami cara mengolahnya.

Selain itu, juga ada pameran dagang dari produk gastronomi nusantara seperti bumbu dapur untuk masakan nasi goreng, balado, soto, dan bumbu kuning.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT