Museum Gastronomi Indonesia Virtual Hadir untuk Pelestarian Kekayaan Kuliner Indonesia

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 18 Jun 2021 18:30 WIB
Museum Gastronomi Indonesia Virtual Hadir untuk Pelestarian Kekayaan Kuliner Indonesia Foto: MGI Virtual
Jakarta -

Dirilis secara virtual, Museum Gastronomi Indonesia yangberisi tentang sejarah kekayaan kuliner Indonesia ini bisa diakses di mana saja. Cocok untuk jalan-jalan di rumah.

Di tengah masa pandemi yang kian tak menentu, banyak hal yang bisa dilakukan di rumah tanpa perlu keluar dan bertemu banyak orang. Salah satunya mengunjungi museum virtual, yang baru saja dirilis oleh Indonesia Gastronomy Community (IGC) (17/06).

Dikenal sebagai salah satu organisasi yang membahas perkembangan makanan di Indonesia. IGC berperan aktif dalam mengangkat perkembangan, serta melestarikan kuliner khas Indonesia lewat gastro-diplomasi dan gastro-turisme.

Museum Gastronomi Indonesia Virtual Hadir untuk Pelestarian Kekayaan Kuliner IndonesiaMuseum Gastronomi Indonesia Virtual Hadir untuk Pelestarian Kekayaan Kuliner Indonesia Foto: MGI Virtual


Berkolaborasi dengan PT. Siji Solusi Digital, IGC mempersiapkan Museum Gastronomi Indonesia selama setahun penuh. Museum dengan konsep virtual ini, menghadirkan warna baru untuk mengajak orang-orang mempelajari serta melestarikan keanekaragaman pangan dan kuliner di Nusantara.

Baca Juga: Gelato hingga Ikan Herring, Ini 5 Museum Makanan yang Unik di Dunia

"MGI merupakan bentuk persembahan dari IGC untuk merayakan keragaman dan kekayaan khazanah gastronomi Indonesia," jelas Ria Musiawan, selaku Ketua Umum Indonesian Gastronomy Community (IGC).

Selama setahun lebih, IGC merencanakan konsep MGI dengan bekerjasama bersama beberapa pakar kuliner, akademisi, serta profesional dari kalangan tata boga, pengolahan pangan, gizi hingga teknologi kreatif.

"MGI ini dirancang untuk menyasar kaum milenial, di mana konsumsi internet dan teknologi mereka cukup tinggi. Hal ini lah yang membuat IGC setuju untuk berkolaborasi dengan PT Siji Solusi Digital, yang berpengalaman dalam bidang pengembangan konten digital," lanjut Ria.

Acara peluncuran MGI virtual inidiberi apresiasi tertinggi dari para menteri seperti Teten Masduki selaku Menteri UMKM dan Koperasi. Sampai apresiasi dari Sandiaga Uno, selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Museum Gastronomi Indonesia Virtual Hadir untuk Pelestarian Kekayaan Kuliner IndonesiaMuseum Gastronomi Indonesia Virtual Hadir untuk Pelestarian Kekayaan Kuliner Indonesia Foto: MGI Virtual

"Selamat kepada IGC atas diluncurkannya MGI Virtual. Sesuai dengan misi IGC yang ingin memajukan hingga melestarikan makanan dan minuman di Indonesia. Saya berharap semoga IGC bisa terus berkarya di dunia gastronomi Indonesia, serta dapat memperkenalkan sisi pariwisata dalam dunia kuliner, dan membantu mendorong sektor pariwisata kreatif di masa depan," pungkas Sandiaga Uno.

Untuk mengakses Museum Gastronomy Indonesia,orang hanya perlu mengunjungi situs museumgastronomi.id. Di sinipengunjung bisa masuk ke tiga ruang virtual.

Di ruangan digital pertama berisi aneka informasi dan cara mengakses museum virtual. Caranya hanya tinggal mengklik makanan atau informasi rempah yang ada di ruangan digital.

Kemudian di ruangan digital kedua ada aneka lauk pauk dan hidangan tumpeng, serta sejarah budaya serta tradisinya di Indonesia. Sementara di ruangan terakhir, pengunjung akan dibawa ke zona rempah, menyaksikan video serta kejayaan Indonesia di bidang rempah pada masa lampau.

Museum Gastronomi Indonesia Virtual Hadir untuk Pelestarian Kekayaan Kuliner IndonesiaMuseum Gastronomi Indonesia Virtual Hadir untuk Pelestarian Kekayaan Kuliner Indonesia Foto: MGI Virtual

Museum virtual ini juga dipandu langsung secara virtual oleh Ria Musiawan. Agar pengunjung tak bosan, IGC dan Siji menyisipkan berbagai konten video menarik seputar perjalanan kuliner dan pangan nusantara.

"Untuk sekarang MGI Virtual ini hanya tersedia tiga ruang digital saja, tapi di kedepannya kami akan terus menambah ruangan digital yang bisa diakses publik di mana saja. Kami still cooking, dan akan terus bertambah limitless," jelas Fersita Kusuma ke detikFood, selaku pendiri dan bendahara umum di IGC.

Tak hanya versi virtual saja, IGC sudah merencanakan langkah selanjutnya untuk mendirikan Museum Gastronomi Indonesia versi fisik. Di mana hal ini masih dalam perencanaan.

Untuk sekarang, orang-orang bisa menikmati jalan-jalan virtual keliling Museum Gastronomi Indonesia lewat ponsel atau laptop dari rumah. Yuk mampir!

Baca Juga: Foodies, Ayo Kunjungi 5 Museum Makanan yang Seru Ini!



Simak Video "Bikin Laper: Nikmatnya Rice Bowl Gyudon Teriyaki"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com