Gelato hingga Ikan Herring, Ini 5 Museum Makanan yang Unik di Dunia

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 04 Agu 2019 23:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak museum bertema makanan yang unik dan menarik. Bagi para foodies, ada lima museum makanan yang menarik untuk dikunjungi.

Berisi sejarah dan perjalanan panjang dari berbagai makanan, museum-museum ini menampilkan benda hingga hiasan tentang jenis makanan tertentu. Seperti museum keju di Belanda, museum mie di Jepang, hingga museum kentang goreng di Belgia.

Baca Juga: 'Ngopi di Museum' Jadi Ajang Belajar Sejarah Sambil Ngopi Lokal


1. Dutch Cheese Museum
Gelato hingga Ikan Herring, Ini 5 Museum Makanan yang Unik di DuniaFoto: Istimewa

Terletak di kota Alkmaar, Belanda. Museum keju yang satu ini wajib dikunjungi, bagi para foodies yang tertarik untuk menggali lebih dalam tentang keju. Terutama keju Edam dan Gouda.

Di dalam museum yang berupa gedung berusia ratusan tahun ini, terdapat berbagai alat pengolahan keju pada abad 16. Selain itu para pengunjung juga bisa belajar cara pemerasan susu sapi, sebelum diolah menjadi keju.


2. Friet Museum
Gelato hingga Ikan Herring, Ini 5 Museum Makanan yang Unik di DuniaFoto: Istimewa

Kentang goreng yang renyah dan gurih, punya nilai tersendiri di Belgia. Di kota Bruges, hadir museum khusus kentang goreng yang diberi nama 'Friet Museum'. Dengan tampilan menarik, dan Instagrammable, museum ini dipenuhi ukiran hingga patung kentang goreng berukuran besar.

Selain para pengunjung bisa belajar tentang sejarah asal usul kentang yang pertama kali tumbuh di Peru, 10.000 tahun lalu. Tersedia juga beberapa karya seni yang berhubungan dengan kentang goreng.


3. Carpigiani Gelato Museum

Gelato hingga Ikan Herring, Ini 5 Museum Makanan yang Unik di DuniaFoto: Istimewa

Di kota Carpigiani, di Italia, ada museum yang didedikasikan khusus untuk gelato. Museum yang menampilkan es krim khas Italia ini, berdiri di gedung yang dulunya dijadikan sebagai pabrik es krim pertama di dunia.

Sementara bagian museum lainnya, berisi sejarah gelato, para penjual gelato yang legendaris. Serta varian rasa gelato yang beragam. Tersedia juga workshop, di mana pengunjung bisa mempelajari tentang ilmu gelatology.


4. Cup Noodle Museum

Gelato hingga Ikan Herring, Ini 5 Museum Makanan yang Unik di DuniaFoto: Istimewa

Mie instan sudah jadi makanan sehari-hari yang tak bisa terlepaskan. Di Yokohama, Jepang, ada destinasi wisata populer yaitu Cup Noodle Museum. Sesuai namanya, museum yang satu ini berisi tentang aneka mie instan dalam cup yang populer di Jepang.

Berbagai kemasan cup noodle dan sejarahnya bisa ditemukan di sini. Pengunjung juga bisa bermain di dalam kolam dengan teman sup ramen, dan melihat cara pembuatan mie instan ini.


5. The Herring Era Museum

Gelato hingga Ikan Herring, Ini 5 Museum Makanan yang Unik di DuniaFoto: Istimewa

Museum tentang ikan herring mungkin terlihat tidak menarik, tapi setelah masuk ke dalam The Herring Era Museum yang ada di kota Siglufjörður, Islandia, membuat para pengunjung terpukau.

Museum ini berdiri di gedung bekas pabrik pengasinan ikan yang sudah ada sejak abad 20. Di sini pengunjung bisa melihat sisa alat-alat pengolahan ikan herring yang dulu populer, di tengah cuaca dingin dan suhu udara yang rendah.

Baca Juga: Museum Makanan Menjijikkan dari Seluruh Dunia Akan Segera Dibuka

Simak Video "Cute Banget, Yakin Tega Makan Korean Flower Buttercream Ini?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)