Museum Makanan Menjijikkan dari Seluruh Dunia Akan Segera Dibuka

Sonia Basoni - detikFood Senin, 01 Okt 2018 18:00 WIB
Foto: Anja Barta Thelin Foto: Anja Barta Thelin
Jakarta - Museum dengan tema makanan sudah biasa. Tapi di Swedia akan hadir museum unik, berisi kumpulan makanan yang bau dan menjijikkan dari seluruh dunia.

Diberi nama 'Disgusting Food Museum', museum unik ini akan segera dibuka di Malmo, Swedia. Sesuai namanya, museum ini akan menampilkan ragam makanan yang dianggap menjijikkan oleh banyal orang.

Baca Juga: Segera Dibuka 'Cheat Day Land', Museum Berisi Makanan Enak yang Menggiurkan

Seperti ikan hiu yang telah membusuk dari Islandia, bau menyengat dari durian Thailand, hingga potongan penis mentah dari hewan banteng semuanya ada di sini.

Museum Makanan Menjijikkan dari Seluruh Dunia Akan Segera DibukaFoto: Anja Barta Thelin
Dilansir The Local (26/09), museum ini merupakan cabang terbaru dari Museum of Failure, atau museum yang berisi barang-barang gagal di Amerika. Nantinya akan ada sekitar 80 makanan menjijikkan dari seluruh dunia, yang ditampilkan di Disgusting Food Museum.

"Museum ini dibuat untuk hiburan yang menyenangkan, menarik, dan interaktif. Di sini kita memiliki ikan hiu yang telah membusuk dari Islandia, lalu ada juga keju yang paling bau di dunia," ungkap Dokter Samuel West selaku pengagas museum ini.

Agar setiap pengunjung bisa langsung melihat dan mencium aroma tak sedap dari setiap makanan yang dipajang, Samuel sengaja menaruh setiap makanan di papan kayu yang disorot lampu.

Tidak hanya penis banteng dan durian saja, Samuel menggiring keju dengan belatung dari Sardinia, babi bakar dari Peru, hingga ikan laut yang diawetkan.

Museum Makanan Menjijikkan dari Seluruh Dunia Akan Segera DibukaFoto: Anja Barta Thelin
Selain bertujuan untuk menghibur orang-orang, Samuel juga ingin menyelipkan pesan ke setiap pengunjung yang datang.

"Kita harus kembali mempertanyakan tentang rasa jijik dari makanan-makanan ini. Kita perlu mempertimbangkan sumber protein dari makanan yang lebih ramah lingkungan, seperti serangga," lanjut Samuel.

Samuel berharap bahwa museum berisi makanan menjijikkan ini, akan mendulang sukses seperti Museum of Failure miliknya yang berada di Amerika.

Untuk pengumpulan makanan, Samuel dan timnya berkerja hingga menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mencari cara, agar mereka bisa menemukan makanan paling bau dan menjijikkan di dunia.

Museum Makanan Menjijikkan dari Seluruh Dunia Akan Segera DibukaFoto: Anja Barta Thelin
"Kami harus membawa makanan-makanan ini menggunakan toples kaca. Kami hampir saja diusir dari kantor kami, karena aroma bau yang menyengat dari makanan-makanan ini," tutur Samuel ketika membicarakan kendala pengumpulan makanan.

Samuel yang sejak dulu bergerak dalam bidang museum unik, mengatakan bahwa museum makanan memiliki daya tarik yang lebih tinggi bagi banyak orang.

"Semua museum menyenangkan, tapi museum makanan memiliki hubungan yang lebih dekat dan interaktif dengan banyak orang. Awalnya saya mendata museum-museum aneh yang ada di dunia, lalu saya berpikir bahwa saya ingin datang ke museum dengan makanan menjijikkan," pungkas Samuel.

Disgusting Food Museum akan dibuka pada tanggal 31 Oktober mendatang, dan berakhir hingga akhir bulan Januari 2019.

Baca Juga: Inilah 6 Museum Makanan di Dunia yang Perlu Dikunjungi Pencinta Makanan (dwa/odi)