Ngidam Aneh, Wanita Hamil Ini Minum Cairan Desinfektan Setiap Hari

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 09 Sep 2021 14:30 WIB
Pretty young pregnant woman standing by the window in home. Foto: Getty Images/iStockphoto/Mykola Sosiukin
Jakarta -

Bukan ngidam mangga muda atau makanan pedas. Wanita hamil ini justru ngidam minum cairan disinfektan setiap hari bahkan tak bisa lepas dari cairan ini.

Memasuki masa kehamilan, sebagian besar wanita sering ngidam makan sesuatu. Terkadang ngidamnya ini berhubungan dengan makanan aneh, sampai ingin melakukan sesuatu yang tak biasa.

Tapi banyak juga orang-orang yang mengalami masa ngidam berbeda. Seperti yang dialami seorang wanita asal Brisbane, Australia. Lewat unggahan Fecebook, wanita yang namanya disamarkan ini mengungkapkan obsesi anehnya minum cairan disinfektan dari Dettol yang biasanya digunakan untuk antiseptik atau pembasmi kuman.

Baca Juga: Punya Gangguan Makan, Wanita Ini Hobi Ngemil Rokok dan Kapur


Dilansir dari Daily Mail UK (08/09), wanita ini mengaku ia tak bisa lepas dari Dettol. Bahkan setiap harinya ia harus mencium aroma menyengat dari Dettol, bahkan meminum cairan desinfektan sebanyak mungkin.

Meski sempat malu mengakuinya, tapi wanita ini akhirnya bertanya ke forum di Facebook tentang ngidam anehnya. Ia bahkan bingung harus membeli Dettol dalam jumlah banyak di mana.

Happy pregnant woman holding a glass of fresh milk and touching her belly with care by the window in bedroomIlustrasi Wanita Hamil Ngidam Aneh Foto: Getty Images/iStockphoto/interstid

Banyak netizen yang memberikan komentar bahwa kemungkinan besar ngidam aneh ini berasal dari kelainan makanan yang dideritanya. Kelainan makan ini biasanya disebut PICA, yaitu sebuah kondisi di mana seseorang suka mengonsumsi cairan atau benda yang bukan makanan.

Orang-orang yang mengalami PICA, cenderung ngidam atau makan benda aneh. Mulai dari kapur, puntung rokok, sampai batu bata.

"Dulu saya juga sempat ngidam makanan dan minuman aneh saat hamil. Akhirnya saya pakai jalur transfusi darah untuk menghilangkan rasa ngidam itu," komen salah satu netizen.

"Cepat pergi ke dokter, minum desinfektan sangat berbahaya. Lebih baik transfusi darah saja biar tidak kecanduan," saran netizen lainnya.

"Jujur saja, saat hamil saya juga tiba-tiba ngidam ingin minum Dettol," aku netizen yang lain.

closeup of liquid soap in a palmIlustrasi cairan antipseptik/sabun Foto: iStock

"Bisa jadi ibu hamil ini kekurangan zat besi, makanya ngidam makanan dan minuman yang aneh-aneh. Makanya lebih baik langsung periksa kesehatan ke dokter," sambung netizen.

Tak sedikit netizen yang mengkritik wanita ini karena dianggap kebiasaannya minum desinfektan membahayakan kandungannya. Untuk itu sekarang ia berusaha mengurangi kebiasaannya ini.

Menurut Healthline dan situs kesehatan lainnya, kelainan makanan PICA selama masa kehamilan tidak bisa dianggap enteng. Karena bisa mengganggu keseimbangan diet hingga kesehatan janin.

Dalam kebanyakan kasus, kelainan PICA pada ngidamnya wanita hamil memang akan sembuh dengan sendirinya ketika bayi sudah lahir.

Baca Juga: 5 Ngidam Paling Ekstrem dari Ibu Hamil, Makan Batu hingga Rokok



Simak Video "Masak Masak: Resep Bakso Jumbo Beranak"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com