ADVERTISEMENT

Duh! Kehilangan Bintang Michelin, 5 Restoran Ini Langsung Turun Peringkat

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 08 Sep 2021 11:30 WIB
Liao Fan Hawker Chan
Foto: Site News
Jakarta -

Kehilangan bintang dari Michelin Guide, menjadi mimpi terburuk dan patah hati terparah yang dialami chef hingga restoran. Ada banyak restoran terkenal yang turun peringkat setelah kehilangan bintang michelin.

Sebagai salah satu penghargaan paling bergengsi di dunia kuliner, Michelin Stars atau bintang Michelin yang diberikan oleh Michelin Guide sering jadi tolak ukur kesuksesan karir chef hingga berhasilnya sebuah restoran.


Michelin Guide sendiri memiliki banyak daftar restoran terbaik di dunia dari kelas fine dining. Sampai Bib Gourmand, yaitu makanan kaki lima yang juga mendapatkan penghargaan dari Michelin Guide.

Tentunya untuk mempertahankan predikat bintang Michelin dari Michelin Guide, setiap restoran harus mempertahankan kualitas makanan, pelayanan hingga konsistensi rasa.

Sayangnya ada beberapa restoran yang tak bisa mempertahankan pencapaian bintang Michelin mereka. Bahkan ketika bintang Michelin dicabut, restoran ini turun peringkat. Mulai dari restoran bebek kaki lima di Singapura, sampai restoran mewah milik Chef Gordon Ramsay.

Dilansir dari berbagai sumber berikut lima restoran yang kehilangan bintang Michelin.

Baca Juga: Ini 10 Restoran Murah dan Enak di Asia Pilihan Michelin Guide

1. Hawker Chan

Gerai Chicken Rice Enak dan Murah di Singapura Ini Kehilangan Bintang MichelinGerai Chicken Rice Enak dan Murah di Singapura Ini Kehilangan Bintang Michelin Foto: CNN

Baru-baru ini publik dikejutkan dengan menghilangnya bintang Michelin dari Hawker Chan. Tempat makan mie ayam terkenal di Singapura, yang pertama kali mendapatkan satu bintang Michelin di tahun 2016 lalu. Hawker Chan jadi tempat makan termurah yang di dunia yang ada di daftar Michelin Guide.

Dengan harga SGD 2.50 (Rp 26.500), sudah bisa mencicipi mie dengan potongan daging ayam dan racikan saus manis buatan Chan Chong Meng. Sayangnya karena popularitas Hawker Chan yang terus bertambah, Meng memutuskan untuk membuka gerai lainnya yang membuat kualitas dan konsistensi hidangannya tidak bisa terkontrol.

Menurut perwakilan dari Hawker Chan, meski memiliki banyak cabang tapi Chan tak pernah merubah resep atau bahan-bahan makanannya. Meski mereka kecewa Hawker Chan tidak masuk ke dalam list Michelin Guide, tapi mereka menghormati keputusan Michelin untuk mencabut bintang dari restoran mereka.

2. Gordon Ramsay at the London

Kini Makanan Gordon Ramsay Dikritik NetizanKini Makanan Gordon Ramsay Dikritik Netizan Foto: Site News

Sebagai salah satu selebriti chef yang paling terkenal di dunia, Chef Gordon Ramsay ternyata tak luput dari kesalahan. Bahkan di tahun 2013, ia sempat kecewa karena restorannya 'Gordon Ramsay at the London' yang berlokasi di New York, harus kehilangan dua bintang Michelin.

Di mana sebelumnya tidak pernah ada restoran yang langsung kehilangan dua bintang dari Michelin. Menurut pihak Michelin, mereka mengungkapkan rasa makanan dari restoran ini tidak konsisten. Makanan yang ditampilkan juga biasa saja untuk sekelas restoran mewah yang memiliki dua bintang Michelin.

"Kami menemukan adanya makanan dan rasa yang tidak konsisten, konsisten merupakan hal yang paling penting bagi Michelin Guide," ungkap Michael Ellis, direktur dari Michelin Guide ketika ditanya alasannya mencabut bintang dari restoran mewah Gordon Ramsay.

3. Le Champignon Sauvage

fine diningfine dining Foto: Istock

Le Champignon Sauvage yang ada di Gloucestershire, harus berlapang dada ketika Michelin Guide menarik dua bintang Michelin dari restoran mereka setelah mempertahankannya dari tahun 2018.

Restoran yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1987 di Inggris. Menyajikan hidangan fine dining, seperti lobster dengan saus lemon, ikan cod dengan kaviar dan rempah vadouvan. Sampai daging domba dengan tambahan krim bawang dan masih banyak lagi.

Menanggapi hal ini sang pemilik David dan Helen Everitt, mengatakan bahwa mereka cukup kecewa dengan keputusan Michelin Guide mengambil bintang dari restoran mereka. Namun mereka tetap berterima kasih kepada pelanggan, teman dan chef yang bertugas.

4. Auberge du Pont de Collonges

resto fine dining terbaik di AsiaIlustrasi Restoran Fine Dining dengan Sajian Mewah: Foto: Locavore

Salah satu restoran tertua di Prancis, yaitu Auberge du Pont de Collonges mendapatkan bintang Michelin pertama kali pada tahun 1965. Ketika restoran ini masih dikelola oleh sang pemilik, yaitu chef legendaris bernama Paul Bocuse.

Selama puluhan tahun, Auberge berhasil mempertahankan peringkat mereka sebagai restoran kelas atas dengan tiga bintang Michelin. Dengan aneka menu seperti seafood dari Normandy, daging domba dari Allaiton, hingga lobster dengan bayam dan topping kaviar mewah.

Sayangnya di tahun 2020 lalu, Auberge kehilangan satu bintang Michelin. Restoran ini kini menjadi restoran bintang dua Michelin, yang sempat membuat banyak pelanggan setianya marah.

5. Sushi Jiro

David Beckham di JepangDavid Beckham di Sushi Jiro Jepang Foto: Istimewa

Bagi penggemar sushi, bisa makan di Sushi Jiro yang ada di Jepang mungkin menjadi impian indah. Sushi Jiro dikenal sebagai tempat makan sushi paling eksklusif di Jepang, di sini jadi tempat makan mantan presiden Amerika, Barack Obama hingga David Beckham.

Di tahun 2007, Michelin Guide menghadiahkan tiga bintang Michelin untuk Sushi Jiro. Namun di tahun 2020, nama Sushi Jiro justru dikeluarkan dari daftar karena dianggap terlalu eksklusif dan susah dijangkau orang.

Karena restoran sushi ini hanya memiliki kapasitas tempat duduk untuk 10 orang saja. Selain itu tingginya pengunjung, membuat tak semua orang bisa melakukan reservasi atau mencicipi sushi legendaris ini.

Baca Juga: 5 Fakta Resto Sushi Sukiyabashi Jiro yang Dicoret dari Michelin Guide



Simak Video "Nasi Kuning Sambal Roa yang Menggugah Selera"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT