Wow! Jamur Langka hingga Daun Teh Ini Harganya Lebih Mahal dari Emas

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 07 Sep 2021 19:00 WIB
Pasar ikan Toyosu di Jepang kembali gelar lelang awal tahun. Pengusaha sushi Kiyoshi Kimura berhasil menangkan lelang ikan tuna dengan harga mencapai Rp 24 M. Foto: Getty Images/Takashi Aoyama

3. Semangka Densuke

Buah mahalBuah mahal Foto: Istimewa

Hanya di Jepang, harga satu buah semangka bisa mengalahi harga emas di pasaran. Mirip seperti daging sapi wagyu Kobe yang mahal karena dirawat dengan sedemikian rupa. Semangka Densuke jadi produk unggulan premium di Jepang. Buah mahal ini termasuk langka karena ukurannya yang lebih besar dari semangka biasa, serta warnanya hitam pekat.

Semangka ini biasanya ditanam di wilayah utara Jepang, tepatnya di Hokkaido. Setiap tahunnya hanya ada 70 buah semangka Densuke yang bisa dipanen dan dijual sehingga tingkat kelangkaannya di dunia cukup tinggi.


Kebanyakan semangka langka ini tidak berakhir di rak supermarket, melainkan di meja lelang. Bahkan satu buah semangka Densuke pernah dilelang hingga harganya mencapai USD 6,000 (Rp 99 juta).


4. Sarang Burung Walet

Ini Alasan Mengapa Air Liur Burung Walet Bisa Seharga Mobil BaruIni Alasan Mengapa Air Liur Burung Walet Bisa Seharga Mobil Baru Foto: Getty Images/iStockphoto

Sering dijadikan berbagai hidangan kuliner khas China yang mewah dan berkelas, sarang burung walet punya harga fantastis yang jauh lebih mahal dari emas bahkan setara dengan mobil baru untuk per kilogramnya. Harganya yang mahal tak lepas dari proses ternaknya yang sulit, dan proses pengolahannya yang membutuhkan banyak waktu.

Sarang burung walet kisaran harganya cukup beragam. Rata-rata sarang burung walet dilepas di angka $2,600 (Rp 37,5 juta) per kilogram.
Sementara untuk jenis 'blood nest', atau sarang burung walet yang berwarna merah. Harganya jauh lebih mahal dan fantastis, bahkan setara dengan mobil baru. Yaitu Sekitar $7,400 (Rp 107 juta) per kilogramnya.


Blood nest ini juga dijual secara eceran. Untuk sarang burung seberat 9 gram saja, orang-orang harus mengeluarkan uang sekitar (Rp 1,1 juta).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mangut Lele Mbah Marto yang Legendaris di Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com