5 Makanan Lezat Para Sultan Ottoman Ini Populer Hingga Sekarang

Sonia Basoni - detikFood Senin, 29 Jun 2020 10:30 WIB
Makanan Sultan Ottoman Foto: iStock/Ist
Jakarta -

Kesultanan Utsmaniyah atau dikenal juga dengan kesultanan Ottoman, punya banyak warisan kuliner yang makanannya populer hingga sekarang.

Dikenal dengan sebutan Ottoman, dinasti Islam yang satu ini berjaya selama 600 tahun di wilayah Turki, Eropa Tenggara hingga Timur Tengah. Beberapa sultan dari pemerintahan Ottoman memiliki banyak makanan kesukaan yang menarik untuk dibahas.

Dimulai dari abad ke-15 banyak warga yang dipekerjakan sebagai koki dapur untuk membuat banyak makanan. Bahkan kesultanan Ottoman pernah memiliki 1,000 pegawai yang khusus bekerja di dapur besar untuk menyiapkan aneka minuman, camilan, makanan khusus untuk sultan.

Dilansir dari Ranker (28/06), ada lima makanan yang digemari oleh beberapa sultan di Ottoman yang populer hingga sekarang.

Baca Juga: Baklava, Kue Khas Turki Masa Ottoman Disajikan di Pekan Kebudayaan Aceh

1. Baklava

Mardin BaklavaMardin Baklava Foto: detikFood/Riska Fitria

Jadi salah satu makanan khas Turki yang mendunia, camilan manis ini ternyata merupakan makanan yang disukai para sultan. Tampilannya yang menawan dengan topping kacang, sirup, dan selai membuat kue ini masuk ke dalam dessert termewah pada masanya.

Baklava sendiri sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan dipercaya dikembangkan pada masa Assyrian kuno. Di Instanbul Imperial Palace, baklava jadi hidangan yang wajib dibuat dan rasanya harus enak. Sementara di tahun 1473 ditemukan tulisan tentang cara membuat baklava.

Meski usianya sudah ribuan tahun tapi popularitasnya masih tinggi. Bahkan hingga saat ini orang Turki masih menganggap bahwa baklava merupakan makanan mewah yang hanya bisa disantap oleh orang kaya setiap harinya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]