Budaya Ngopi di Kafe Ternyata Sudah Ada di Dunia Sejak Berabad Lalu

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 06 Jun 2020 07:00 WIB
- Foto: Dok. History/Getty Images
Jakarta -

Jika sekarang kafe digunakan untuk tempat nongkrong, dulu budaya ngopi di kafe ini memegang peranan penting dalam era revolusi di berbagai negara.

Sejarah panjang tentang budaya ngopi di kafe sebenarnya sudah ada sejak zaman Kesultanan Ottoman tepatnya di abad 16. Kemudian dari sana mulai bermunculan kedai kopi di berbagai negara yang jadi tempat banyak orang menciptakan ide hingga membicarakan tentang revolusi.

Kebiasaan ngopi mengalami penyesuaian dengan gaya hidup di tiap negara. Bukan hanya racikan kopi saja yang berbeda tetapi juga waktu menikmati dan makanan pengiringnya. Hingga kini di era milenium ngopi justru digandrungi anak muda.
Dari cangkir beralih ke kemasan botol. 'Coffee to go' jadi budaya ngopi baru terutama setelah serangan virus corona.

Dilansir dari History (05/06), berikut budaya ngopi di kafe yang ada di berbagai negara sejak dulu.

Baca Juga: Wow! Ternyata Makan di Restoran Sudah Jadi Budaya Berabad Silam

1. Kafe Pertama di Kesultanan Ottoman

-- Foto: Dok. History/Getty Images



Kesultanan Utsmaniyah atau dikenal juga dengan sebutan Ottoman merupakan dinasti Islam yang berjaya selama 600 tahun di wilayah Turki, Eropa Tenggara hingga Timur Tengah.

Kafe atau kedai kopi pertama kali muncul di Kesultanan Ottoman semenjak bar dan tempat minuman alkohol lainnya di larang keras di sana. Kedai kopi ini menjadi alternatif tempat berkumpulnya orang-orang untuk berdiskusi hingga berbagi ide. Selain itu kopi juga terjangkau dan bisa dinikmati oleh semua lapisan.

Namun di tahun 1633, Sultan Murad IV menyatakan bahwa konsumsi kopi merupakan pelanggaran hukum. Diketahui sebelumnya bahwa saudara dan paman dari Sultan Murad IV dibunuh oleh Janissaries, yaitu uni infantri yang sering nongkrong dan ngopi di kedai kopi.

Sultan kemudian melarang semua kedai kopi beroperasi untuk menghindari perkumpulan para pemberontak. Tapi pada saat itu kedai kopi telah menyebar ke Eropa yang membuat Sultan merasa semakin terancam.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]