5 Makanan dan Minuman Ini Jadi Kesukaan Jin dan Makhluk Halus

Sonia Basoni - detikFood Senin, 06 Sep 2021 19:30 WIB
Ilustrasi Drive Thru Rumah Hantu Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Jarang diketahui, ada beberapa makanan hingga minuman yang ternyata disukai jin hingga makhluk halus. Biasanya makanan-makanan ini jadi menu wajib sesajen.

Sudah menjadi tradisi yang melekat di beberapa negara Asia, sesajen atau sesaji, merupakan bentuk persembahan atau sajian yang disuguhkan dalam upacara adat atau ritual tertentu. Sesajen ini dipercaya sebagai gerbang atau alat berkomunikasi dengan jin atau mahluk gaib.

Menu yang ada dalam sesajen ini cukup beragam, sesuai tradisi atau kepercayaan yang ada di daerah tersebut. Tapi biasanya sesajen merupakan kombinasi antara bunga, dedaunan, buah-buahan, makanan, hingga minuman seperti kopi hitam.

Pilihan makanan dan minuman ini dipercaya jadi makanan favorit makhluk tak kasat mata. Tak hanya di Indonesia saja, diThailand hingga Singapura pun masih menggunakan sesajen untuk pintu mereka berkomunikasi ke alam lain.

Dilansir dari beberapa sumber berikut lima makanan dan minuman yang disukai oleh makhluk halus.

Baca Juga: Festival Aneka Makanan Lezat Ini Diadakan Untuk Orang Meninggal

1. Ayam Cemani

Tak Hanya di Indonesia, Ayam Hitam Cemani Juga Populer dan Mahal di IndiaTak Hanya di Indonesia, Ayam Hitam Cemani Juga Populer dan Mahal di India Foto: Getty Images/iStockphoto/Cheri Alguire

Tampilannya yang hitam dan sangar, membuat ayam cemani seringkali dikaitkan dengan hal-hal mistis. Memang ayam dengan julukan 'The Black Java Breed' ini, identik sebagai ayam sesajen yang sering digunakan dalam upacara dan ritual tertentu.

Menurut kepercayaan banyak orang di Indonesia, ayam cemani memang jadi menu favorit para jin dan makhluk halus. Ayam ini dipercaya jadi penangkal sihir.

Selain itu mitosnya ayam ini bisa membantu seseorang untuk meraih kesaktiannya, sampai membawa keberuntungan. Tapi kini popularitas ayam cemani yang mendunia, membuat ayam ini lebih identik sebagai salah satu ayam termahal di dunia yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah per ekor.

2. Kopi Hitam

makanan dalam sesajenmakanan dalam sesajen Foto: Site/Wiki

Sudah menjadi menu wajib untuk menyandingkan buah-buahan, makanan, bunga hingga sajen lainnya dengan kopi hitam pekat.

Minuman kopi hitam ini dipercaya dapat menarik makhluk tak kasat mata hingga jin untuk berinteraksi. Memang sejak dulu kopi hitam sudah menjadi minuman yang dinikmati para leluhur.

Ditambah dengan keyakinan masyarakat di beberapa daerah di Indonesia. Kopi hitam disuguhkan untuk para arwah leluhur yang pulang untuk mengunjungi keluarganya yang masih hidup. Jadi sudah bukan hal yang asing lagi bahwa hampir di setiap piring sesajen terdapat kopi hitam di sana.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Semur Jengkol Sambal Tempong yang Bikin Keringatan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com