Unik! Minuman Bersoda Jadi Menu Wajib Sesajen di Thailand

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 30 Agu 2020 19:00 WIB
Minuman Bersoda Jadi Menu Wajib Sesajen di Thailand Foto: Meistrup

2. Minuman Bersoda Jadi Sesajen

Minuman Bersoda Jadi Menu Wajib Sesajen di ThailandMinuman Bersoda Jadi Menu Wajib Sesajen di Thailand Foto: Meistrup

"Thailand bukan satu-satunya negara yang berdoa dengan memberikan makanan. Banyak orang Tibet, China, Jepang yang juga memberikan makanan untuk arwah yang tidak senang," jelas Kalyanee Rudrakanchana, ahli spiritual di Thailand.

Entah sejak kapan minuman bersoda jadi menu wajib sesajen di Thailand. Tapi Kalyanee mengaku bahwa setiap arwah yang pernah berkomunikasi dengannya selalu meminta Fanta strawberry.

"Memberikan minuman manis berwarna merah di kuil memang cukup unik di Thailand. Tidak ada yang tahu kenapa harus Fanta rasa strawberry. Tapi kemungkinan besar minuman ini dipilih karena warnanya yang merah cerah dan tampak cantik di antara sesajen lainnya," lanjutnya.


3. Popularitas Fanta Meningkat

Minuman Bersoda Jadi Menu Wajib Sesajen di ThailandMinuman Bersoda Jadi Menu Wajib Sesajen di Thailand Foto: Meistrup

Karena menjadi menu wajib di sesajen, popularitas Fanta strawberry di Thailand meningkat pesat. Thailand menempati peringkat empat sebagai konsumen Fanta terbesar di dunia.

Hal ini menjadi fenomena yang menarik. Karena perusahaan Coca-Cola yang mendistribusikan Fanta, awalnya terkejut ketika mengetahui bahwa Fanta digunakan sebagai persembahan untuk arwah.

"Thailand terkenal sebagai negara di dunia yang memiliki berbagai jenis buah-buahan. Fanta berhasil menduplikasikan rasa buah-buahan ini ke dalam minuman yang lebih berwarna," ungkap Karthik Subramanian, selaku marketing manager di Coca-Cola Thailand.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com