Gerai Chicken Rice Enak dan Murah di Singapura Ini Kehilangan Bintang Michelin

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 06 Sep 2021 13:30 WIB
Gerai Chicken Rice Enak dan Murah di Singapura Ini Kehilangan Bintang Michelin Foto: CNN
Jakarta -

Hawker Chan sangat populer karena menjadi street food pertama yang dapat bintang Michelin. Namun sayang, tahun ini mereka gagal mengantongi bintang bergengsi ini.

Michelin Guide identik dengan daftar restoran fine dining di dunia. Restoran yang terpilih dijamin menghadirkan suasana istimewa dan pilihan makanannya enak. Tak heran kalau harga bersantap di restoran Michelin Guide sangat mahal.

Namun di Singapura, ada sebuah restoran peraih Michelin Guide yang jadi perbincangan. Namanya Liao Fan Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice atau kini populer dengan sebutan Hawker Chan.

Gerai chicken rice di Singapura ini berhasil menjadi street food pertama yang meraih bintang 1 dalam Michelin Guide Singapura tahun 2016. Pemiliknya adalah chef keturunan Malaysia, Chan Hon Meng.

Hanya saja kabar sedih datang dari gerai ini. Dilaporkan CNN (5/9/2021), Hawker Chan kehilangan bintangnya tahun ini. Hawker Chan tak terlihat dalam daftar Michelin Guide Singapura 2021.

Gerai Chicken Rice Enak dan Murah di Singapura Ini Kehilangan Bintang MichelinGerai Chicken Rice Enak dan Murah di Singapura Ini Kehilangan Bintang Michelin Foto: CNN

Menanggapi hal ini, perwakilan Hawker Chan memberi komentar. "Chef Chan Hon Meng sudah membuat soya chicken rice yang terkenal sejak 2009 dengan resep rahasia dan metode masaknya, yang tidak berubah sejak Hawker Chan berdiri tahun 2009."

"Ia selalu percaya bahwa makanan sebaiknya disiapkan fresh dan masaknya tidak di dapur pusat. Kami berharap bisa mengerti mengapa Michelin Guide tak memasukkan kami ke dalam daftarnya tahun ini. Meski begitu, kami memahami jika setiap orang punya pendapat masing-masing terkait pilihan makanan. Kami akan terus menyajikan makanan enak dan terjangkau sesuai visi dan misi kami."

"Kami berterima kasih kepada pelanggan yang sudah mendukung kami sejak 12 tahun lalu, dan kami akan berusaha sebaik mungkin untuk mendapat bintang Michelin lagi di tahun depan."

Hawker Chan menawarkan beberapa menu andalan. Diantaranya Soya Sauce Chicken Rice, Soya Chicken Rice, Char Siew Rice, hingga noodle dengan irisan daging ayam dan babi panggang. Harga tiap menu per 2019 sekitar Rp 28 ribu hingga Rp 170 ribu.

Melihat fenomena ini, beberapa orang memuji kehandalan chef Chan Hon Meng karena mampu memperluas gerai chicken rice-nya sampai ke luar negeri. Namun tak sedikit juga orang-orang yang merasa kualitas makanan mereka menurun setelah pembukaan gerai di tempat lain.

Liao Fan Hawker ChanGerai Chicken Rice Enak dan Murah di Singapura Ini Kehilangan Bintang Michelin Foto: istimewa

Pakar makanan terkenal Singapura, KF Seetoh turut memberi tanggapan. "Saya pikir Michelin Guide telah tepat berpegang pada senjata mereka dan melindungi martabat bintang-bintangnya."

Seetoh beranggapan, masa depan kuliner Singapura bergantung pada lebih dari sekadar satu chef atau satu restoran. "Pada catatan yang lebih besar, dan dengan hormat, Michelin harus tetap berpegang pada kekuatan inti dan kekuatan restoran karena restoran membutuhkan bantuan sekarang."

Seperti hampir di tiap negara dunia, industri pariwisata Singapura juga hancur akibat pandemi virus Corona. Di tengah segala pembatasan, industri makanan dan minuman juga menjadi salah satu yang paling terpukul.



Simak Video "Cerita Di Balik Kepopuleran Kawasan Kuliner Pasar Lama Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com