Salut! Pegawai Tertua di McDonald's Jepang Ini Usianya 93 Tahun

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 06 Sep 2021 19:00 WIB
Salut! Pegawai Tertua di McDonalds Jepang Ini Usianya 93 Tahun Foto: Sora News 24
Jakarta -

Usia tak menghalangi seseorang untuk terus produktif di usia senja. Kakek 93 tahun ini misalnya, tercatat sebagai pegawai tertua di McDonald's (McD) Jepang!

Di usia yang tak lagi muda, kebanyakan orang lanjut usia (lansia) pilih banyak beristirahat saja. Rata-rata dari mereka juga sudah tidak bekerja karena keterbatasan yang dimiliki.

Namun kakek di Jepang bernama Yoshimitsu Yabuta ini berbeda dan istimewa. Ia adalah sosok pegawai McD tertua di Jepang!

Dikabarkan Sora News 24 (3/9), Yabuta masih aktif bekerja di gerai McD cabang Takaoka Ekinan di Takaoka City, Prefektur Toyama. Sosoknya begitu mencuri perhatian, terutama usai McD Jepang merayakan ulang tahunnya yang ke-50.

Saat itu pihak McD menyebut beberapa lokasi gerai istimewa. Misalnya McD Karuizawa di Nagano yang berada di ketinggian 912 meter. Lalu ada McD dengan pemandangan laut paling cantik yaitu Miura Kaigan di Kanagawa.

Dan terakhir adalah McD Takoka Ekinan yang memiliki seorang pegawai tertua yaitu Yabuta. Namanya pun kian dikenal.

Salut! Pegawai Tertua di McDonald's Jepang Ini Usianya 93 TahunSalut! Pegawai Tertua di McDonald's Jepang Ini Usianya 93 Tahun Foto: Sora News 24

Yabuta sendiri mulai bekerja di McD sebagai pegawai paruh waktu pada tahun 2019. Saat itu usianya sudah 90 tahun.

Yabuta mengaku ingin bekerja setelah melihat adanya lowongan di gerai McD. Ia juga mengatakan dirinya ingin melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat di waktu luangnya.

Yabuta mengetahui kalau gerai McD tempatnya melamar buka 24 jam. Artinya, ia bisa memilih bekerja di malam hari sesuai dengan pengalamannya yang pernah bekerja di tempat permainan arcade usai dirinya pensiun menjadi teknisi listrik.

Saat ini Yabuta bekerja 4 kali seminggu di malam hari. Waktu kerjanya sekitar 5 jam. Awalnya ia hanya bertugas membersihkan meja-meja pengunjung, tapi sekarang ia juga bantu meracik hidangan pelengkap di McD seperti salad.

5 Fakta Chicken McNugget yang Jadi Menu BTS Meal x McDonald'sSalut! Pegawai Tertua di McDonald's Jepang Ini Usianya 93 Tahun Foto: iStock

Bahkan saat Yabuta sedang tidak bekerja, ia sering datang ke tempat kerjanya untuk beli minum dan kentang goreng. Yabuta juga sosok yang suka ngobrol dengan pegawai-pegawai lain saat mereka sedang istirahat.

Manajer cabang McD tempat Yabuta bekerja, Kyohei Imoto, begitu menghargai kinerja lansia ini. Ia bilang Yabuta membantunya menjaga kebersihan restoran dan memastikan persiapan di shift pagi berjalan lancar.

Yabuta bahkan jadi inspirasi untuk pegawai lain. Salah satunya masih berusia 15 tahun. Ia sekarang memahami kalau orang-orang bisa mengambil tantangan apapun di usia berapapun.

Mengenai rahasianya tetap bugar dan semangat kerja, Yabuta bilang kuncinya adalah hidrasi dan aktivitas fisik. Ia mengaku ingin terus bekerja selama fisiknya masih mampu.



Simak Video "KuTips: 4 Cara Kreatif Daur Ulang Kemasan BTS Meal"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com