Mangut Ikan Asap Khas Jawa Tertulis dalam Serat Centini pada Abad 19

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 04 Sep 2021 16:30 WIB
Mangut Lele Mbah Marto Foto: detikFood
Jakarta -

Olahan ikan asap yang populer dari Jawa adalah mangut. Rasa mangut yang gurih pedas menjadi paduan sempurna bersama nasi hangat. Mangut juga tertulis dalam Serat Centhini.

Banyak orang mengetahui mangut adalah salah satu jenis masakan khas Jawa berbahan utama ikan asap. Ikan yang digunakan pada masakan tersebut tergantung dari daerah mana olahan tersebut dimasak.

Mangut dari daerah Bantul, Yogyakarta biasanya menggunakan ikan lele asap. Berbeda dengan daerah pesisir seperti Semarang dan sekitarnya yang biasa menggunakan ikan pari asap (iwak pe), seperti dikutip dari detikNews (6/3).

Baca Juga: Anjuran Rasulullah SAW Untuk Mengambil Makanan yang Sudah Jatuh

mangut ikanmangut ikan Foto: detikFood

Menilik sejarahnya, istilah "mangut" ternyata telah mengalami pergeseran makna. Zaman sekarang mangut dikenal sebagai nama masakan olahan ikan.

Padahal zaman dahulu, istilah "mangut" merujuk kepada jenis ikan tertentu. Istilah tersebut muncul di dalam teks Parthayajna dan Nawaruci. Kata "mangut" yang merujuk pada ikan juga ditemukan dalam teks kidung atau puisi bertembang dari abad ke-16, yakni Gita Sinangsaya, seperti dikutip dari Zoetmulder dan S.O. Robson (1982) melalui unggahan Chef Wira Hardiyansyah dalam akun Instagram miliknya (4/9).

Dalam teks Parthayajna, ikan mangut diperkirakan tinggal di ekosistem sungai. Sedangkan dalam teks Nawaruci maupun Gita Singsaya, mangut diposisikan sebagai jenis ikan tawar yang hidup dalam ekosistem kolam. Ikan mangut ini tinggal bersama ikan air tawar lain, seperti sepat, tambra, deleg, lopis, dan lainnya, seperti dikutip dari detikNews (6/3).

Warung Makan Mangut PintjoekWarung Makan Mangut Pintjoek Foto: dok. detikFood/Eko Susanto

Lantas, kapan istilah "mangut" merujuk pada olahan masakan ikan? Konon pergeseran makna ini terjadi selambatnya pada abad ke-19. Istilah ini tercantum pada Serat Rama dan Serat Centhini.

Baca Juga: Mangut: Dari Ikan ke Masakan

Seperti dikutip dari detikNews, istilah mangut pada Serat Rama diketahui sebagai menu keseharian di istana Ayodya. Sedangkan, dalam Serat Centini olahan mangut masuk ke dalam golongan hidangan yang istimewa dan biasanya disajikan saat penyambutan para tamu atau orang-orang yang dihormati.

Mangut Lele Mbah MartoMangut Lele Mbah Marto Foto: detikFood

Saat ini mangut dikenal sebagai hidangan populer yang tak boleh terlewatkan. Ada warung makan mangut lele legendaris di daerah Bantul, Yogyakarta bernama Mangut Lele Mbah Marto. Di warung sederhana ini, mangut lele sudah terkenal kelezatannya sejak tahun 1971.

Baca Juga: Mbah Marto, Legenda Kuliner dengan Mangut Lele dari Sewon Bantul



Simak Video "Bikin Laper: Santap Mangut Kepala Ikan Manyung"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com