Anjuran Rasulullah SAW Untuk Mengambil Makanan yang Sudah Jatuh

Devi Setya - detikFood Sabtu, 04 Sep 2021 11:30 WIB
Anjuran Rasulullah SAW Untuk Mengambil Makanan yang Sudah Jatuh Foto: Getty Images/Rouzes
Jakarta -

Saat sedang makan, terkadang makanan kita jatuh secara tak sengaja. Jangan langsung membuang, Rasulullah SAW mengajarkan untuk mengambil dan tetap memakan makanan yang jatuh.

Banyak pelajaran dan adab makan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Salah satunya untuk tidak membuang makanan yang jatuh. Misalnya saat sedang makan tempe, tak sengaja tempe jatuh ke meja makan. Kita tak perlu membuang tempe tersebut, tapi sebaiknya tetap dimakan asalkan tempat jatuhnya makanan tidak kotor.

Bahkan di Indonesia mengenal istilah 'belum lima menit' saat mengambil makanan jatuh.

Dari Anas ra, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila makanan salah seorang dari kalian terjatuh, maka ambil dan bersihkanlah kotoran yang terdapat padanya dan kemudian makanlah, dan jangan biarkannya untuk setan. Dan janganlah kalian bersihkan tangan kalian dengan kain pengelap sehinggalah terlebih dahulu ia dijilat. Karena sesungguhnya kalian tidak tahu di bagian manakah makanan tersebut mengandung berkah." (HR. Muslim, Abu Dawud, At-Turmudzi, dan Ahmad)

Anjuran Rasulullah SAW Untuk Mengambil Makanan yang Sudah JatuhAnjuran Rasulullah SAW Untuk Mengambil Makanan yang Sudah Jatuh Foto: Getty Images/Rouzes

Hal ini berlaku untuk semua jenis makanan asalkan masih layak makan. Artinya, makanan tidak rusak dan berantakan ataupun tidak jatuh di tempat yang kotor dan menjijikan.

Misalnya sesuap nasi jatuh tak sengaja ke tanah, tentu nasi ini tidak perlu diambil untuk dimakan lagi.

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW juga mengatakan jika ragu untuk mengambil makanan yang jatuh (karena kotor atau lainnya) sebaiknya boleh tidak diambil lagi. Tapi jika hanya sebagian makanan yang terkena kotoran, cukup buang bagian yang kotor lalu santap lagi bagian makanan yang masih bersih.

Dari Jabir ra bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Apabila sesorang di antara kalian sedang makan, lalu terjatuh satu suapannya maka hendaklah ia menyingkirkan apa yang meragukannya kemudian hendaklah ia memakannya dan janganlah ia membiarkannya untuk setan. (HR. At-Turmudzi dan Ibnu Majah)

Berikut beberapa pelajaran yang bisa diambil dari hadist ini:

1. Menghargai rezeki dari Allah SWT

Makanan juga merupakan rezeki dari Allah SWT yang patut disyukuri. Membuang makanan sama halnya dengan tidak bersyukur atas rezeki yang diberikan. Banyak ataupun sedikit, makanan harus dihargai.

Salah satu cara bersyukur atas makanan ini adalah dengan tidak membuangnya. Ketika makanan berlimpah, ambil secukupnya untuk dimakan lalu berikan kepada kerabat. Ketika makanan dalam jumlah sedikit, syukuri dan santap sebagai sumber tenaga.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kesegaran Sop Buah Duren Pak Ewok yang Terkenal Enak"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com