Agar Laris Manis, Sandiaga Uno Siap Viralkan Kue Cubit Topping Keju dan Oreo

Devi Setya - detikFood Sabtu, 04 Sep 2021 10:00 WIB
Agar Laris Manis, Sandiaga Uno Siap Viralkan Kue Cubit Topping Keju dan Oreo Foto: Getty Images/iStockphoto/StephanieFrey
Jakarta -

Demi mendukung majunya UMKM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno siap bantu viralkan jajanan kekinian. Seperti kue cubit topping keju dan oreo yang menggoda selera.

Sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga mendukung penuh gerakan UMKM yang dilakukan masyarakat termasuk dalam sektor kuliner. Dalam webinar bertajuk 'Kreatif Kembangkan Bisnis Kuliner Kekinian' yang digelar Mondelez Internasional (2/9) Sandiaga mengatakan UMKM memberi kontribusi besar terhadap pendapatan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

"UMKM Indonesia menyumbang 62% lebih kontribusinya terhadap PDB, 97% terhadap penciptaan lapangan kerja dan ekonomi kita digerakkan oleh UMKM. Khusus untuk sektor kuliner menyumbang PDB sebesar 45% dan pandemi ini menjadi tantangan ekonomi industri kuliner," kata Sandiaga.

Agar Laris Manis, Sandiaga Uno Siap Viralkan Kue Cubit Topping Keju dan OreoAgar Laris Manis, Sandiaga Uno Siap Viralkan Kue Cubit Topping Keju dan Oreo Foto: Getty Images/iStockphoto/StephanieFrey

Lebih lanjut, mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini juga menjelaskan pandemi Covid-19 menjadi tantangan sendiri bagi para pelaku UMKM. Di masa sekarang, Sandi menyarankan UMKM bisa mengandalkan digitalisasi.

"Di masa pandemi, kuliner juga mengalami tekanan yang luar biasa namun bagi mereka yang berhasil digitalisasi, UMKM kuliner ini dapat terus bertahan dan memajukan usahanya," lanjut Sandi.

Pria yang akrab disapa Bang Sandi ini juga merekomendasikan agar para pelaku UMKM bisa selalu kreatif dan inovatif. "Dengan inisiatif ini kita semua bersinergi, kolaborasi dan inovasi serta adaptasi. Dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, ekonomi kreatif adalah lokomotif untuk kita keluar dari dan pulihkan ekonomi."

Dalam kesempatan ini juga Sandi penasaran dengan kreasi inovasi jajanan kekinian kue cubit bertopping keju dan Oreo. Sebelumnya memang dijelaskan oleh Fatmah Bahalwan, praktisi kuliner UMKM, soal inovasi jajanan jadul yang dibuat kekinian.

Agar Laris Manis, Sandiaga Uno Siap Viralkan Kue Cubit Topping Keju dan OreoAgar Laris Manis, Sandiaga Uno Siap Viralkan Kue Cubit Topping Keju dan Oreo Foto: Getty Images/iStockphoto/StephanieFrey

Mendengar penjelasan soal kue cubit kekinian ini, Sandi ingin membantu membuat jajanan ini makin populer.


"Keren banget jadi lapar karena pengen kue cubit pakai keju Kraft dan Oreo crumb. Belum pernah coba tuh, tolong bisa dikirimkan ke Kemenparekraf. Kami siap bantu viralkan kue cubit pakai keju dan oreo ini," kata Sandi.

Menanggapi tantangan ini Fatmah Bahalwan mengatakan siap membuatkan kue cubit kekinian dengan topping keju, Oreo crumb dan cokelat Cadbury.



Simak Video " 3.000 Pedagang Mie dan Bakso Jalani Vaksinasi di Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com