5 Tips Agar Bisnis Kuliner UMKM Laris Manis Selama Pandemi Covid-19

Devi Setya - detikFood Jumat, 03 Sep 2021 16:00 WIB
5 Tips Agar Bisnis Kuliner UMKM Laris Manis Selama Pandemi Covid-19 Foto: Getty Images/iStockphoto/Kanawa_Studio
Jakarta -

Bisnis kuliner termasuk yang paling dilirik selama pandemi Covid-19. Jangan asal jualan makanan, perlu juga memperhatikan tips dan trik agar bisnis kuliner UMKM laris manis.

Membuat dan menjual makanan memang sekilas tampak mudah dilakukan, tapi sebenarnya prakteknya tidaklah mudah. Pelaku bisnis kuliner harus jeli memperhatikan pasar agar produk makanan yang dibuat bisa sesuai dengan selera pasar.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk membuat produk makanan laris manis, salah satunya dengan membuat makanan kekinian yang enak dan menggoda. Lewat webinar yang diselenggarakan Mondelez Internasional (2/9) dipaparkan bagaimana tips membuat bisnis UMKM kuliner bisa laris manis meskipun di tengah pandemi Covid-19.

Dalam webinar bertajuk "Kreatif Kembangkan Bisnis Kuliner Kekinian" ini turut hadir beberapa pakar di bidang kuliner dan bisnis UMKM, termasuk salah satunya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Kemudian ada juga Faisal Hasan Basri selaku Sekjen Sahabat UMKM dan Fatmah Bahalwan selaku Chef dan Pagiat UMKM Kuliner.

Para pakar ini kemudian memberikan tips dan trik bagaimana memajukan bisnis UMKM kuliner.

Berikut beberapa tips dan trik agar kuliner laris manis selama pandemi Covid-19:

1. Inovasi membuat makanan kekinian

5 Tips Agar Bisnis Kuliner UMKM Laris Manis Selama Pandemi Covid-195 Tips Agar Bisnis Kuliner UMKM Laris Manis Selama Pandemi Covid-19 Foto: Getty Images/iStockphoto/Kanawa_Studio

Tak dapat dipungkiri, masyarakat Indonesia sangat gemar ngemil. Berbagai makanan siap dijadikan camilan baik makanan manis maupun gurih. Tugas para pelaku UMKM adalah membuat inovasi makanan kekinian yang menarik.

Tidak perlu membuat makanan baru, dengan mengandalkan produk makanan lama dan klasik pun bisa asalkan dihadirkan dengan tampilan yang baru.

"Makanan lama yang diolah menjadi makanan kekinian dan lebih menarik. Misalnya orang kan sudah tahu kue pancong, kue cubit, dessert box. Di sini kita bisa berinovasi dengan bahan yang enak dan bergizi, misalnya ditambah keju, oreo atau cokelat," ujar Fatmah Bahalwan.

Lebih lanjut, dengan cara ini makanan biasa saja jadi istimewa. Selain lebih menarik, harga makanan juga naik namun orang tetap tertarik. "UMKM bisa tetap berjalan dan makanannya jadi lebih up. Kita bisa nebeng kepopuleran produk seperti keju Kraft, Cadburry dan Oreo," lanjut Fatmah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gurihnya Peluang Bisnis Seafood Gerobakan di Kawasan Padat Penduduk"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com