Keren! Telusur Kultur Bantu UMKM Lewat Kemeja Makanan Nusantara

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 17 Agu 2021 15:00 WIB
Keren! Telusur Kultur Bantu UMKM Lewat Kemeja Makanan Nusantara Foto: Telusur Kultur/Instagram
Jakarta -

Bermula dari kecintaan pada kekayaan kuliner Indonesia. Brand lokal Telusur Kultur, keluarkan koleksi kemeja dengan ilustrasi makanan Nusantara yang juga membantu UMKM penjual makanan tradisional.

Semarak merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-76 bisa dirayakan dengan banyak cara. Salah satunya dengan mengenal lebih jauh kekayaan kuliner Indonesia yang tak ada habisnya.

Melihat peluang ini, brand Telusur Kultur yang merupakan hasil kolaborasi antara brand Tenue de Attire dan Hari Prast, baru saja meluncurkan koleksi terbaru mereka.

Lewat Koleksi Asa dan Rasa, Telusur Kultur menciptakan dua jenis kemeja penuh ilustrasi yang menggambarkan keberagaman budaya di Indonesia. Mulai dari kemeja 'Manusia Indonesia' yang berisi tokoh-tokoh penting di Indonesia, dan ada kemeja 'Rasa Nusantara' yang menarik karena mengangkat tema makanan tradisional Indonesia.

Dihubungi detikFood (17/08), Renaldi Perdana Kesuma selaku salah satu founder dari Telusur Kultur menceritakan visi misi hingga alasan mengapa mereka tertarik mengangkat tema makanan di koleksi terbarunya.

Baca Juga: 5 Fakta Museum Gastronomi Indonesia, Museum Digital yang Kekinian

1. Brand Lokal yang Membahas Tentang Indonesia

Keren! Telusur Kultur Bantu UMKM Lewat Kemeja Makanan NusantaraKeren! Telusur Kultur Bantu UMKM Lewat Kemeja Makanan Nusantara Foto: Telusur Kultur/Instagram

"Konsep Telusur Kultur lahir pada tahun 2019. Saat itu belum jadi brand sendiri seperti sekarang, melainkan masih kolaborasi dengan brand Tenue de Attire dan Hari Prast," ungkap Renaldi.

Renaldi menjelaskan bahwa Telusur Kultur ini tercipta karena mereka bosan dengan bahasan media tentang politik. Dari sana lah muncul ide untuk membuat suatu produk atau brand, yang akan membangkitkan memori atau kenangan orang-orang tentang Indonesia.

"Di awal tahun 2020, brand Telusur Kultur sempat viral karena dipakai oleh Mas Gibran Rakabuming Raka. Dari sana kita dan Mas Hari memutuskan untuk melanjutkan brand Telusur Kultur ini, agar bisa terus memberikan ingatan bahagia dan rasa bangga tentang Indonesia," ungkap Renaldi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Wujud Surabi Jumbo Merah Putih, Kado HUT ke-76 RI"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com