Duh! Kreasi Gelato Darah Babi hingga Sup Darah Bebek Ini Bikin Mual

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 01 Sep 2021 15:30 WIB
Tempo Gelato Yogyakarta Foto: Misericordias Domoni/detikcom
Jakarta -

Sudah ada sejak dulu, kreasi makanan dan minuman pakai darah hewan ini populer di beberapa negara. Seperti sup darah bebek di Polandia, sampai cicip kreasi gelato darah babi yang kekinian.

Darah hewan seperti babi, sapi dan bebek cukup sering dijadikan bahan makanan hingga campuran minuman. Walau memang terdengar ekstrem, bahkan mengundang rasa mual untuk sebagian besar orang.

Namun bagi yang sudah terbiasa, makanan dan minuman dari darah ini justru menghasilkan corak rasa yang baru bagi para penggemar makanan ekstrem. Mulai dari Czernia yaitu sup darah bebek dari Polandia, sampai gelato dari campuran darah babi yang cukup terkenal di Amerika.

Berikut lima kreasi makanan dan minuman dari darah hewan yang bikin mual sebagian besar orang.

Baca Juga: Menu Ekstrem di Amerika, Ada Acar Kaki Babi hingga Buntut Buaya Goreng


1. Wine Darah Sapi

Wine Rp 85 Juta Ini Setahun Disimpan di Luar Angkasa, Bagaimana Rasanya?Wine Foto: iStock/SkyNews

Mungkin terdengar tidak umum, tapi di beberapa daerah pedalaman yang ada di Prancis. Darah sapi justru digunakan sebagai campuran untuk minum wine. Hal ini pernah dibahas oleh situs Fodors (31/08).

Mereka menyebutkan dulu banyak orang yang mencampurkan wine dengan darah sapi. Memang darah sapi ini bukan campuran langsung, melainkan bahan tambahan untuk memproses wine agar tetap enak.

Tapi semenjak kabar ini beredar di awal 2000-an, banyak penggemar wine asal Prancis yang was-was sendiri. Apakah wine yang mereka simpan dan beli, mengandung darah sapi. Karena praktik ini sudah lama dihentikan di Prancis sana.

2. Tiet Canh

5 Makanan Ini Disebut dari Neraka, Kari Setan hingga Sup Darah Segar5Makanan Ini Disebut dari Neraka, Kari Setan hingga Sup Darah Segar Foto: Toptenz/Site/YouTube

Budaya kuliner konsumsi darah hewan ini juga sangat kuat di Thailand dan Vietnam. Kebanyakan hidangan sup atau mie mereka menggunakan potongan sosis dari darah babi. Di Vietnam contohnya, menyantap makanan hingga pudding dari campuran hewan memang sudah bukan hal yang baru lagi.

Di Vietnam contohnya ada makanan yang namanya Tiet Canh sejenis puding darah mentah. Biasanya menggunakan darah babi, bebek atau ayam. Dikenal juga sebagai puding darah hewan segar. Campuran sayuran dan beberapa bumbu, diaduk menjadi satu kemudian direndam dengan darah kental dari bebek atau babi.

Walau cukup digemari karena sudah menjadi makanan sehari-hari orang Vietnam -Hidangan ini disebut berbahaya karena darah hewan tidak dimasak sama sekali. Dibiarkan mengental, sampai teksturnya menyerupai jelly. Tentunya ada banyak virus dan bakteri yang sanga beresiko tinggi untuk kesehatan, jika dikonsumsi oleh manusia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Berani Jajal Kue Cacing Ini?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com