Sebelum Pensiun, Penjual Kaki Lima Legendaris Ini Bagikan Resep Rahasia Makanannya

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 28 Agu 2021 17:00 WIB
Sebelum Pensiun, Penjual Kaki Lima Legendaris Ini Bagikan Resep Rahasia Makanannya Foto: Mothership
Jakarta -

Penjual makanan kaki lima ini akan pensiun. Ia bagikan resep rahasia makanannya secara gratis untuk orang-orang yang mau memulai usaha kuliner.

Kebanyakan penjual makanan menjaga resep rahasia miliknya agar tidak ditiru oleh banyak orang. Berbeda dengan penjual makanan kaki lima bernama Peng Ah Bah. Ia sehari-hari berjualan Chwee Kueh selama puluhan tahun.

Dilansir dari Mothership (27/08), Peng berjualan Chwee Kueh di wilayah hawker centre atau pusat jajanan kaki lima di Taman Jurong, Singapura. Penjual makanan berusia 82 tahun itu, berencana akan pensiun atau berhenti berjualan dalam waktu kurang dari dua tahun.

Ia pun memutuskan untuk mulai membagikan resep rahasia Chwee Kueh miliknya, agar orang-orang bisa tetap memakannya. Atau bisa menemukannya di tempat lain, meski dia sudah pensiun.

Chwee Kueh sendiri merupakan hidangan khas Teochew, yang dibuat dari olahan kue beras yang dikukus. Kemudian di atasnya ditaburi cai poh, acar lobak yang sudah difermentasi.

Sebelum Pensiun, Penjual Kaki Lima Legendaris Ini Bagikan Resep Rahasia MakanannyaSebelum Pensiun, Penjual Kaki Lima Legendaris Ini Bagikan Resep Rahasia Makanannya Foto: Mothership

Meski sederhana, tapi Chwee Kueh buatan Peng sangat terkenal di Singapura. Bahkan Peng pernah diundang khusus oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong, untuk menjamu beberapa tamu negara.

Baca Juga: Bikin Penasaran, Netizen Bongkar Rahasia Nasi Goreng Abang Gerobakan yang Enak

"Saya pertama kali belajar resep ini dari bos saya dulu, saat berjualan Chwee Kueh selama dua tahun. Dengan mengamati bos saya, akhirnya saya bisa menguasai cara membuat Chwee Kueh," jelasnya.

Setelah belajar selama dua tahun, akhirnya Peng bisa membuat Chwee Kueh yang enak dan autentik.

"Saya selalu bilang ke diri sendiri, jika suatu hari nanti saya menjadi bos, saya tidak akan pernah pelit membagikan resep atau formula rahasia. Tapi saya akan membagikannya secara gratis ke orang-orang yang mau belajar membuatnya," ungkap Peng ramah.

Sebelum Pensiun, Penjual Kaki Lima Legendaris Ini Bagikan Resep Rahasia MakanannyaSebelum Pensiun, Penjual Kaki Lima Legendaris Ini Bagikan Resep Rahasia Makanannya Foto: Mothership

Menurutnya hingga saat ini sudah ada 15 orang yang menerima resep rahasia darinya. Beberapa kebanyakan merupakan pelanggan setianya.

Uniknya, Peng selalu meminta para pelanggan yang mau belajar resep rahasianya untuk langsung datang ke gerai pertamanya, di Jalan Kukoh Food Centre.

Peng akan meminta para pelanggan ini untuk datang dan mengamati cara-caranya membuat Chwee Kueh. Mulai dari menyiapkan bahannya, sampai proses pembuatannya. Baru setelah itu ia akan memberikan resep lengkap agar orang-orang bisa belajar memasaknya di rumah.

Sejak dulu Peng memang tidak ambil pusing dengan kompetisi atau pesaing saat berjualan Chwee Kueh. Bahkan kini ia berharap ada seseorang yang bisa mengambil alih bisnis kulinernya ini.

Sampai sekarang Chwee Kueh buatan Peng masih diklaim sebagai yang terenak di Singaprua. Para pelanggan setianya menyebutkan bahwa tekstur dari kue beras buatan Peng sangat lembut dan enak, kemudian isian acar lobaknya yaitu Cai Poh juga kaya rempah.

"Setelah bertahun-tahun berjualan Chwee Kueh, saya tentunya memiliki hubungan yang terikat dengan makanan ini. Jika seseorang ingin mengambil alih usaha ini, saya sangat senang membagikan pengetahuan dan keahlian saya di bidang ini," pungkas Peng dengan ramah.

Baca Juga: Eksperimen 3 Tahun, YouTuber Ini Ngaku Temukan Resep Ayam KFC



Simak Video "Bikin Laper: Rahang Tuna Bakar Sambal Rica-rica"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com