Eksperimen 3 Tahun, YouTuber Ini Ngaku Temukan Resep Ayam KFC

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 10 Jan 2021 10:00 WIB
Eksperimen 3 Tahun, YouTuber Ini Ngaku Temukan Resep Ayam KFC Foto: iStock/YouTube @GensEssay
Jakarta -

Resep asli ayam KFC masih jadi misteri, tapi YouTuber asal Jepang ini mengaku temukan resep ayam KFC yang pas setelah eksperimen selama 3 tahun.

KFC atau Kentucky Fried Chicken merupakan merek makanan cepat saji global asal Louisville, Kentucky, AS. Menu andalannya berupa ayam goreng atau fried chicken. Restoran dengan ikon Colonel Sanders ini sekarang tersebar di banyak negara.

Banyak orang berlomba-lomba menemukan resep rahasia ayam KFC. Mereka bereksperimen hingga menemukan resep yang pas, tapi sering kali masih jauh dari yang asli.

Kerenyahan serta kelezatan bumbu ayam goreng KFC adalah magnet untuk konsumennya. Rasanya yang gurih dan kaya rempah akan dengan mudah membuat orang-orang menginginkan lagi dan lagi ayam KFC.

Dilansir dari Grapee (7/1), seorang Youtuber dari Jepang mengaku berhasil temukan resep rahasia ayam KFC. Youtuber Gen atau @GensEssay memang sering membagikan video tentang masakan dan kuliner.

Eksperimen 3 Tahun, YouTuber Ini Ngaku Temukan Resep Ayam KFCEksperimen 3 Tahun, YouTuber Ini Ngaku Temukan Resep Ayam KFC Foto: iStock/YouTube @GensEssay

Gen menghabiskan waktu hingga 3 tahun untuk menemukan resep rahasia dari ayam goreng asal Amerika itu. Gen mengklaim bahwa ia telah menemukan resep dengan 11 rempah-rempah rahasia dan memecahkan teka-teki resep "finger lickin' good."

Baca Juga: Rice Cooker Sterilkan Masker hingga Pria Tiru Resep Ayam KFC

Pada unggahan video berdurasi 13 menit 23 detik, ia menceritakan bagaimana perjalanan menemukan resep rahasia ayam goreng legendaris tersebut.

Bukan hanya tentang rasa, ia juga mencari tahu bagaimana cara menghasilkan ayam goreng dengan kulit yang mulus dan berwarna kecoklatan seperti resep asli ayam KFC.

Gen mengawali percobaannya sejak tahun 2018 dengan menggunakan berbagai rempah dan takaran dasar yang ia ketahui tentang ayam KFC. Tetapi ia masih menemukan bahwa rasa ayam gorengnya pada saat itu masih jauh dari resep original ayam goreng KFC.

Pada percobaannya tahun 2018, ia menggunakan rempah-rempah yang informasinya ditemukan lewat tisu KFC. Ia mencoba mengidentifikasi gambar rempah-rempah yang terlihat pada tisu dan menjadikan gambar rempah-rempah tersebut sebagai panduan rempah yang ia gunakan.

Eksperimen 3 Tahun, YouTuber Ini Ngaku Temukan Resep Ayam KFCEksperimen 3 Tahun, YouTuber Ini Ngaku Temukan Resep Ayam KFC Foto: iStock/YouTube @GensEssay

Pada 2019, ia kembali mencoba menemukan takaran dan rempah yang lebih sesuai lagi dengan resep original ayam KFC. Pernah beredar catatan resep 11 bumbu rahasia ayam KFC, kemudian Gen mencoba mengikuti catatan yang ramai diperbincangkan di media sosial tersebut.

Sayangnya, ia masih merasa resep tersebut belum cukup sempurna. Gen terus mencari takaran yang tepat untuk menghasilkan ayam yang gurih dengan bumbu rempah yang sangat lezat.

Sepanjang tahun, Gen terus mencari takaran dan perbandingan yang tepat agar menemukan rasa yang sesuai. Perlahan, ia mulai menemukan takaran bumbu dan cara melapisi tepung yang mulai mendekati rasa asli resep original ayam KFC.

Pada video berdurasi lebih dari 13 menit yang diunggahnya ke Youtube itu, ia memperlihatkan setiap persiapan yang ia lakukan pada setiap percobaannya.

Mulai dari membuat takaran bumbu dan rempah pada piring, menakar tepung terigu, melapisi ayam dengan tepung terigu, hingga menggoreng ayam menggunakan stopwatch.

Pada akhir 2020, Gen akhirnya menemukan takaran bumbu dan lapisan tepung untuk ayam yang sempurna. Eksperimen yang telah dilakukan selama 3 tahunnya itu ternyata membuahkan hasil yang sangat mengesankan.

"Pengumuman, saya orang yang telah mencoba membuat KFC selama 3 tahun dan telah tiba pada titik di mana orang biasa tidak akan menemukan perbedaannya," tulis Gen pada akun Twitter pribadinya.

Eksperimen 3 Tahun, YouTuber Ini Ngaku Temukan Resep Ayam KFCEksperimen 3 Tahun, YouTuber Ini Ngaku Temukan Resep Ayam KFC Foto: iStock/YouTube @GensEssay

Gen juga bagikan penemuan resep ayam KFC ala dirinya lewat Twitter pribadinya. Berikut ini resep ayam KFC ala Gen:

1 sdm Bawang Putih bubuk
2 sdt Jahe bubuk
2 sdt Bawang bombay bubuk
2 sdm Paprika bubuk
1 sdt Pala bubuk
1/2 sdt Oregano bubuk
1 sdt Basil bubuk
1 sdt Marjoram (sejenis herba) bubuk
3 sdm Lada putih bubuk
1 sdm Lada hitam bubuk
1 sdt Gula pasir
3 sdt Garam
70 gram Bubuk asam glutamat
70 gram Kaldu ayam bubuk
300 gram Tepung terigu
60 gram Tepung medium

Ini bukan kali pertama untuk Gen bereksperimen meniru resep dari masakan restoran ternama. Beberapa restoran cepat saji ternama juga pernah ia temukan resep tiruannya.

Baca Juga: Pria Ini Klaim Berhasil Tiru Resep Ayam KFC Setelah Eksperimen 1,5 Tahun

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com