Pria Ini Klaim Berhasil Tiru Resep Ayam KFC Setelah Eksperimen 1,5 Tahun

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 12 Apr 2020 06:00 WIB
Pria tiru resep ayam KFC Foto: Istimewa
Jakarta -

KFC terkenal dengan ayam gorengnya yang nikmat. Pria ini pun niat eksperimen selama 1 tahun untuk meniru resep ayam KFC yang gurih meresap hingga ke dalam daging.

KFC punya tagline ayamnya dibuat dengan 'secret recipe' alias resep rahasia. Banyak orang akhirnya coba menggali bahan-bahan dalam resep itu. Kebanyakan menduga penggunaan berbagai rempah adalah kuncinya.

Dikutip dari Metro (10/4), pria asal Warwickshire, Inggris bernama Dan Fell ikut mencari tahu resep ayam KFC. Ia bahkan bereksperimen hingga 1,5 tahun! Setelah berhasil, Dan membagikan resepnya pada netizen untuk dibuat selama masa karantina virus corona.

Pria tiru resep ayam KFCPria tiru resep ayam KFC Foto: Istimewa

Dan mengunggah resep ayam KFC via Twitter. "Butuh 18 bulan untuk saya tapi saya mereplikasinya. Anda harus punya 'deep fryer' dan membutuhkan campuran herba dan rempah yang tepat. Minyak harus di suhu 160-165 C, tidak boleh lebih dan kurang. Ayam harus dalam suhu ruang dan Anda memakai putih telur serta susu untuk membasuh ayam (tidak pakai kuning telur). Sudah buat ini sekitar 30 kali," tuturnya.

Baca Juga: Mau Bikin Ayam Goreng Seenak KFC? Ikuti Tips Jitu dari Chef Kepala KFC Ini

Resep ayam KFC Dan juga termasuk 5 cup tepung terigu, 1 sendok makan (sdm) bubuk paprika, 2 sdm lada putih dan bubuk bawang putih, 1 sdm bubuk jahe, bubuk mustard, garam seledri dan lada hitam, 1/2 sdm oregano dan thyme, serta 1/3 sdm sea salt.

Pria tiru resep ayam KFCPria tiru resep ayam KFC Foto: Istimewa

Dan menjelaskan, pertama Anda harus mencampurkan tepung dan bumbu bersama. Setelah itu gunakan 3 bagian untuk campuran dan 1 bagian untuk tepung self-raising.

Ia lalu membasuh ayam dengan telur dan susu sebelum menggulingkannya di campuran tepung dan bumbu. Untuk menggorengnya pun menggunakan alat deep fryer dengan minyak panas bersuhu 162,5 C.

Soal tips, Dan mengatakan, "Rasa (resep ayam KFC) tergantung banyak hal, minyak yang dipakai, temperatur, suhu ayam, suhu baluran telur, dan garam di ayam."

Resep Dan pun viral di Twitter. Banyak orang penasaran dan ingin mencoba buat resep ayam KFC ala Dan ini. Salah satunya mengatakan, "Tidak semua pahlawan menggunakan jubah."

Pria tiru resep ayam KFCPria tiru resep ayam KFC Foto: Istimewa

Sebelumnya, pemilik akun MZMARGO sudah membeberkan komposisi 11 rempah dan herba rahasia KFC di situs Spark Recipes. Bahannya adalah aprika, bubuk bawang putih, bubuk cabai, dan lada hitam. Ia juga mencampurkan onion salt (campuran garam dan bubuk bawang Bombay) dan celery salt (campuran garam dan bubuk biji seledri).

Rempah lain yang juga ia pakai adalah rubbed sage (serbuk kasar daun sage), bubuk allspice, bubuk oregano, daun basil yang dihancurkan, dan daun marjoram yang dihaluskan. Semuanya dicampurkan masing-masing sebanyak satu sendok teh, kecuali paprika dua sendok teh.

Baca Juga: Sstt... Ini Dia Racikan 11 Bumbu Rahasia Ayam Goreng KFC!



Simak Video "Pepsi Bakal Hengkang dari Indonesia, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)